Selasa 28 Jul 2020 17:23 WIB

Anak 6-17 Tahun Paling Banyak Terpapar Covid-19

4,9 persen anak 6-17 tahun di Jatim adalah penderita Covid-19.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Indira Rezkisari
Di Jatim, anak dalam rentang usia 6-17 tahun paling banyak terkena Covid-19 dibandingkan anak usia 0-5 tahun.
Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Di Jatim, anak dalam rentang usia 6-17 tahun paling banyak terkena Covid-19 dibandingkan anak usia 0-5 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) Provinsi Jawa Timur, Andriyanto menyebut usia anak 6-17 tahun paling banyak terkonfirmasi Covid-19. Menurut data Gugus Tugas Jatim per 25 Juli 2020, dari total 20.256 orang, 4,9 persen pada usia 6-17 tahun. Sedanhkan usia 0-5 tahun sebanyak 1,8 persen.

"Jadi ada catatan memang yang disebut dengan anak menurut undang-undang perlindungan anak adalah anak di bawah 18 tahun," ujar Adriyanto dikonfirmasi Selasa (28/7).

Baca Juga

Data DP3AK Jatim total anak yang terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayahnya adalah 1.137 anak. Rata-rata, kata dia, kasus pada anak ini tertular dari orang dewasa. Pernyataan itu didapat dari Ikatan Dokter Anak Indonesia.

"Ikatan Dokter Anak Indonesia menyatakan bahwa bila anak-anak terkonfirmasi positif maka kemungkinan tertular orang dewasa," ujarnya.

 

Adriyanto menjelaskan, menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, anak tertular karena edukasi yang kurang. Biasanya orang tua kurang intens memberikan pengertian pentingnya penggunaan masker. Sementara aktivitas anak sangat banyak.

Akibat kurangnya edukasi tersebut juga membuat anak tidak begitu memperdulikan jaga jarak. Bahkan masuk dalam kerumunan orang. "Anak-anak itu kan bebas. Ia melihat itu bukan sebuah bahaya, cenderung mencoba berinteraksi dengan sekitarnya," kata dia.

Sebelumnya, data milik DP3AK Jatim menyebut data yang ada hingga tanggal 15 Juli 2020, jumlah anak-anak di Jawa Timur yang terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai angka 1.137 anak.

Tiga di antaranya meninggal dunia. Adriyanto memastikan angka kesembuhan anak terjangkit Covid-19 ini juga terbilang banyak. "Dengan tingkat kesembuhan mencapai 40,4 persen," ujarnya.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement