Ahad 10 May 2020 10:11 WIB

Belasan Titik Tanah Longsor di Sumsel Akibat Hujan Deras

Hujan deras di Sumsel juga menyebabkan ratusan rumah warga terendam banjir.

Hujan lebat selama dua hari terakhir menimbulkan belasan titik tanah longsor di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan (Sumsel) (Foto: ilustrasi longsor)
Foto: ANTARA FOTO
Hujan lebat selama dua hari terakhir menimbulkan belasan titik tanah longsor di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan (Sumsel) (Foto: ilustrasi longsor)

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Hujan lebat selama dua hari terakhir menimbulkan belasan titik tanah longsor di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan (Sumsel). Selain bencana banjir, hujan deras juga merendam ratusan rumah warga.

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Ansori, mengatakan, setidaknya hingga Sabtu (9/5) malam, tercatat 13 titik longsor di Kecamatan Pulau Beringin, Kecamatan Buana Pemaca, Kecamatan Kisam Tinggi, dan Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah.

Baca Juga

"Longsor mayoritas di pinggir jalan desa, titiknya cukup banyak dan kami masih menginventarisir," ujar Ansori di Martapura saat dihubungi dari Palembang, Sabtu.

Menurut dia di Kecamatan Pulau Beringin terdapat sembilan titik longsor, kemudian di Kecamatan Buana Pemaca satu titik di Desa Tekana. Di Kecamatan Kisam Tinggi longsor terjadi di Desa Tenang dan Desa Simpang Tiga, serta satu titik longsor di Desa Simpang Sender Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah.

Hingga Sabtu malam, sebagian akses jalan belum dapat dilewati dan sebagian desa terisolasi karena material longsoran tanah masih dibersihkan TRC BPBD bersama dinas terkait dengan alat berat. Sementara akibat longsor di Desa Anugerah Kemu Kecamatan Pulau Beringin, seorang warga yang mengendarai sepeda motor terperosok ke jurang.

Juliansyah (23) yang baru pulang berkebun terluka dan mengalami patah tangan akibat sepeda motor yang dikendarainya terbawa tanah longsor pada pukul 15.00 saat hujan deras. Beruntung ia masih selamat meski harus mendapat 10 jahitan di kepala.

Sementara hingga Sabtu malam wilayah OganKomeringUlu Selatan masih diguyur hujan intensitas sedang hingga deras merata dan telah merendam ratusan rumah di empat kecamatan sejak Jumat malam (8/5).

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement