Jumat 01 May 2020 03:15 WIB

Tenaga Medis Berpotensi Alami Psikosomatik

Psikosomatik yakni kondisi gangguan ketika pikiran memengaruhi tubuh.

Sejumlah keluarga pasien (kanan) memperhatikan tenaga medis dan penggali kubur yang mengenakan alat pelindung diri saat proses pemakaman keluarganya
Foto: Antara/FB Anggoro
Sejumlah keluarga pasien (kanan) memperhatikan tenaga medis dan penggali kubur yang mengenakan alat pelindung diri saat proses pemakaman keluarganya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Dokter spesialis penyakit dalam dr Rudi Putranto SpD mengatakan para tenaga medis yang sedang menangani pasien Covid-19 juga berpotensi mengalami psikosomatik atau kondisi gangguan ketika pikiran memengaruhi tubuh.

"Pada pekerja medis hal ini bisa terjadi, apalagi kalau beban kerjanya tinggi. Sehingga perlu kerja sama yang baik dengan manajemen rumah sakit guna menghindarinya," kata dia melalui konferensi video yang diselenggarakan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) di Jakarta, Kamis (30/4).

Ia mengatakan, hal tersebut perlu diperhatikan sebab bisa memengaruhi pengelolaan tenaga medis kepada pasien. Apalagi dokter, perawat dan sebagainya selalu menggunakan baju hazmat saat bekerja sehingga komunikasi tidak bisa begitu baik dengan pasien.

Kondisi psikosomatik dapat disebabkan oleh berbagai hal di antaranya beredarnya berbagai informasi tidak pasti terkait Covid-19 hingga cemas berlebihan dari pasien hingga memengaruhi psikis.

Sebagai contoh, setiap hari masyarakat disajikan dengan berbagai data tentang perkembangan Covid-19 mulai dari pasien positif, meninggal hingga adanya pasien yang kabur dari rumah sakit.

"Hal ini akan memengaruhi, bukan hanya masyarakat tapi juga tenaga medis," katanya.

Berdasarkan hasil survei di China dengan melibatkan 52.730 ribu responden di 36 provinsi menujukkan bahwa 35 persen masyarakat mengalami distres sikologis termasuk depresi. Dari jumlah itu kaum perempuan lebih banyak mengalaminya dibandingkan laki-laki.

Kemudian terkait rentang umur yang terdampak kondisi ini didominasi oleh usia 18 hingga 30 tahun atau generasi milenial yang aktif serta usia di atas 60 tahun atau lanjut usia.

Tidak hanya di China, kata Rudi, kondisi hampir sama juga terjadi pada salah seorang pasien perempuan usia 27 di sebuah rumah sakit Tanah Air yang mengalami demam, batuk dan sesak napas. Selama dirawat, pasien itu sering menangis karena teringat anaknya yang masih kecil.

"Pasien dirawat karena PDP. Ternyata pasien juga ada penyakit lain sehingga memperberat gangguan psikis pasien," katanya.

Secara umum terdapat beberapa penyebab stres pada tenaga kesehatan di antaranya penggunaan Alat Pelindung Diri (APD), risiko tertular, masalah klinis kompleks, masalah pribadi serta stigma.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement