Rabu 15 Apr 2020 18:16 WIB

Jumlah Pasien Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah Tujuh

Jumlah pasien positif Covid 19 di Sumbar hingga Rabu mencapai 55 orang.

Aktivitas petugas di Laboratorium Kesehatan Daerah terkait pemeriksaan sampel Covid-19
Foto: Humas Pemprov Jawa Barat
Aktivitas petugas di Laboratorium Kesehatan Daerah terkait pemeriksaan sampel Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Jumlah pasien positif terpapar Covid-19 di Sumatra Barat kembali melonjak menjadi 55 orang pada Rabu (15/4). Angkanya bertambah tujuh orang dari hari sebelumnya yang berjumlah 48 orang dan delapan dinyatakan sembuh.

"Ada tambahan tujuh orang yang teridentifikasi positif hari ini masing-masing lima orang dari Padang, satu dari Tanah Datar, dan satu dari Pasaman Barat," kata juru bicara penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman, di Padang, Rabu (15/4).

Salah seorang dari tambahan tujuh orang itu adalah laki-laki (45) yang merupakan karyawan toko, yang sekarang menjalani isolasi mandiri di rumah. Seorang lagi adalah perempuan (59) yang merupakan istri dari pasien yang sebelumnya telah dipastikan positif Covid-19.

Kemudian, seorang laki-laki (60) yang sehari-hari bekerja sebagai sopir tangki BBM. Ia diperkirakan terpapar di luar daerah Sumbar. Lalu, seoarng laki-laki (54) dirawat di RSUP M Djamil, Padang. Ia terpapar dari salah seorang PDP yang sekarang juga tengah dirawat di RSUP M Djamil. Lalu, seorang laki-laki (58) diperkirakan terpapar dari pasien positif sebelumnya yang juga lagi dirawat di RSUP M Djamil.

 

Lalu, dari Pasaman Barat, seorang wanita (60) yang merupakan kakak dari pasien positif sebelumnya di Pasaman Barat. Sekarang ia menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Dari Kabupaten Tanah Datar, seorang wanita (40) terpapar dari luar daerah. Sebagian besar dari tujuh pasien yang terdeteksi positif Covid-19 itu sekarang melakukan isolasi mandiri di rumahnya.

Sementara itu, berita gembira datang dari RSUP M Djamil yang memastikan satu pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh setelah dua kali pengujian di laboratorium dan hasilnya negatif. Yang bersangkutan, seorang wanita (38), berasal dari Kota Padang. Ia sekarang telah pulang ke rumahnya. Total delapan pasien telah sembuh di Sumbar.

Jasman memastikan semua pasien positif Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing tetap dalam pengawasan protokol kesehatan yang ketat dari tim paramedis dan tim keamanan.

Berdasarkan data gugus Covid-19 Sumbar hingga hari ini, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di provinsi itu sebanyak 5.758 orang. Sebagian besar, yaitu 5.046, telah selesai dipantau dan 712 orang masih dalam pantauan.

Pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 180 orang. Perinciannya, 38 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil laboratorium, 119 dinyatakan negatif, dan 23 orang menjalani isolasi diri di rumah.

Rumah sakit yang saat ini menangani pasien positif Covid-19 di antaranya RSUP M Djamil Padang, RS Ahmad Mochtar Bikittinggi, RS Semen Padang, RSUD M Zein Painan, RS Bhayangkara, dan RSUD Kepulauan Mentawai.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement