Rabu 15 Apr 2020 12:30 WIB

Didik Supriyanto Dilantik Jadi Anggota DKPP Gantikan Harjono

Didik Supriyanto adalah anggota DKPP menggantikan Harjono yang jadi Dewas KPK

Rep: Mimi Kartika/ Red: Esthi Maharani
Didik Supriyanto mengucapkan sumpah jabatan sebagai anggota penggantian antarwaktu Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) sisa masa tugas 2017-2022 di kantor DKPP, Jakarta Pusat, Rabu (15/4).
Foto: Dokumentasi DKPP
Didik Supriyanto mengucapkan sumpah jabatan sebagai anggota penggantian antarwaktu Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) sisa masa tugas 2017-2022 di kantor DKPP, Jakarta Pusat, Rabu (15/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Didik Supriyanto mengucapkan sumpah jabatan pergantian antarwaktu anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) sisa masa tugas 2017-2022, Rabu (15/4). Di tengah pandemi Covid-19, Didik dilantik dengan mengenakan masker di kantor DKPP, Jakarta Pusat yang juga disiarkan secara langsung melalui akun resmi Facebook DKPP.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi tugas dan kewajiban saya sebagai anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu dengan sebaik-baiknya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar tahun 1945," ujar Didik mengucapkan sumpah jabatan dan disumpah rohaniawan.g

Ia juga bersumpah akan bekerja dengan sungguh-sungguh, jujur, adil, dan cermat saat menjalankan tugas dan wewenang demi suksesnya pemilihan umum. Ia melanjutkan, akan menegakkan demokrasi dan keadilan, serta mementingkan kepentingan NKRI daripada kepentingan pribadi dan golongan.

Pengangkatan Didik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 30/P Tahun 2020 tentang Pergantian Antar Waktu Anggota DKPP Masa Tugas Tahun 2017-2020. Keppres tersebut ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 12 Maret 2020 lalu.

Diketahui, Didik Supriyanto adalah anggota DKPP menggantikan Harjono, yang diangkat menjadi anggota Dewan Pengawas KPK pada Desember 2019 lalu. Sebelum menjadi anggota DKPP, Didik dikenal sebagai kolumnis, peneliti pemilu, dan penulis buku.

Acara pengucapan sumpah jabatan itu, tampak beberapa orang yang berkumpul di satu ruangan dengan memperhatikan jarak fisik sebagai protokol pencegahan penyebaran virus corona. Mereka juga tampak mengenakan masker.

Pembaca acara sebelumnya menyebutkan beberapa orang yang hadir dalam sumpah jabatan tersebut. Antara lain Plt Ketua DKPP Muhammad beserta jajarannya, mantan Ketua DKPP Harjono, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan, serta Staf Khusus Menteri Dalam Negeri Bidang Hukum dan Kesatuan Bangsa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement