Senin 12 Jun 2017 09:45 WIB

Presiden Jokowi Lantik 7 Anggota DKPP 2017-2022

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bilal Ramadhan
Presiden Joko Widodo
Foto: Republika/ Wihdan
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini melantik tujuh orang anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) periode 2017-2022 di Istana Negara, Jakarta, Senin (12/6).

"Sebelum saudara-saudara mengambil sumpah janji sebagai anggota DKPP, terlebih dahulu saya akan bertanya kepada anda, bersediakah anda mengambil sumpah jabatan sesuai agama anda masing-masing?" kata Jokowi saat akan melantik anggota DKPP di Istana Negara.

Ketujuh orang anggota DKPP yang dilantik tersebut terdiri dari unsur KPU dan Bawaslu, serta unsur masyarakat yang dipilih oleh pemerintah dan DPR. Ketujuh orang yang dilantik Jokowi sebagai anggota DKPP tersebut yakni: 1. Hasyim Asy'ari yang berasal dari unsur Komisi Pemilihan Umum 2. Ratna Dewi Pettalolo dari unsur Badan Pengawas Pemilihan Umum 3. Ida Budhiati dari unsur tokoh masyarakat 4. Harjono dari unsur tokoh masyarakat 5. Muhammad dari unsur tokoh masyarakat 6. Alfitra Salam dari unsur tokoh masyarakat 7. Teguh Prasetyo dari unsur tokoh masyarakat.

Dalam pelantikan ini, tampak hadir Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Selain itu, tampak hadir juga Jaksa Agung M Prasetyo, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Gatot Nurmantyo, serta Ketua DKPP periode 2012-2017 Jimly Asshiddiqie.

Wamenlu AM Fachir dan Ketua DPR Setya Novanto pun tampak hadir dalam acara ini. Pelantikan tujuh anggota DKPP ini berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 75 tahun 2017.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement