Senin 24 Feb 2020 13:35 WIB

Pemilih Prabowo-Sandi Menyebar ke Prabowo, Sandi, Anies

Elektabilitas Prabowo, Anies Baswedan, dan Sandiaga menempati tiga teratas.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Ratna Puspita
Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun
Foto: Republika TV/Surya Dinata
Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil survei Media Survei Nasional (Median) mengungkapkan, pemilih pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada Pilpres 2019 menyebar ke tiga kandidat calon presiden 2024. Ketiganya antara lain Prabowo Subianto (33,7 persen), Anies Rasyid Baswedan (23,9 persen), dan Sandiaga Uno (10,3 persen).

"Pemilih yang termobilisasi dengan baik pemilihnya Prabowo-Sandi, memilih tiga orang, Prabowo, Anies, Sandiaga Uno," ujar Direktur Eksekutif Rico Marbun dalam konferensi pers rilis survei di kawasan Jakarta Pusat, Senin (24/2).

Baca Juga

Sementara itu, lanjut Rico, pemilih Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019 paling besar menyebar ke Ganjar Pranowo (11,1 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (10,1 persen), dan Khofifah Indar Parawansa (8,5 persen). 

Di sisi lain, ia menuturkan, elektabilitasi tertutup terhadap 23 tokoh yang diuji menghasilkan lima kandidat teratas. Prabowo menempati urutan pertama (18,8 persen), kemudian disusul dengan Anies Baswedan (15,8 persen), Sandiaga Uno (9,6 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (8,3 persen), dan Ridwan Kamil (5,7 persen).

Sementara apabila Prabowo tidak maju dalam kontestasi Pilpres 2024, hasil elektabilitas tertutup menempatkan Anies Baswedan pada posisi pertama dengan mengantongi angka 18 persen. Kemudian tokoh yang masuk ke lima besar antara lain Sandiaga Uno (17,7 persen), AHY (9,7 persen), Ridwan Kamil (6,8 persen), dan Ganjar Pranowo (6,3 persen).

Menurut Rico, Prabowo unggul di kota sedangkan Anies unggul di desa. Kemudian, Prabowo juga unggul di Jawa sedangkan Anies unggul di Luar Jawa. 

Jika dikonfigurasikan elektabilitas per teritorial, Prabowo meraup angka besar di Banten-DKI Jakarta (34,7 persen), Jawa Barat (25,5 persen), serta Nusa Tenggara Barat-Nusa Tenggara Timur-Bali-Sulawesi- Indonesia Timur (20,6 persen). Sementara Anies unggul di Kalimantan (30,8 persen) dan Sumatera (27,2 persen).

Survei Median dilakukan terhadap 1.200 responden yang memiliki hak pilih. Margin of error sebesar kurang lebih 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel dipilih secara random dengan multistage random sampling dan proporsional atas populasi provinsi dan gender pada pekan ke satu dan dua Februari. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement