Jumat 14 Feb 2020 23:43 WIB

Bulan Vitamin A, Dinkes Depok Bidik 146.119 Anak

Pemberian vitamin A ini bertujuan untuk menjaga kesehatan mata.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Muhammad Fakhruddin
Vitamin A
Foto: dok Republika
Vitamin A

REPUBLIKA.CO.ID,DEPOK--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok terus berupaya mewujudkan generasi yang sehat, salah satunya dengan pelaksanaan bulan vitamin A setiap Februari dan Agustus. Dalam pelaksanaan bulan vitamin A Februari ini, sebanyak 146.119 anak usia 6 hingga 59 bulan di Kota Depok akan mendapatkan vitamin A.

"Februari ini bulan vitamin A, sasaran kami seluruh bayi, balita di Kota Depok dapat memeroleh vitamin A," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita di Balai Kota Depok, Jumat (14/2).

Menurut Novarita, pemberian vitamin A ini bertujuan untuk menjaga kesehatan mata dan juga kekebalan tubuh pada anak. Selain itu, anak yang cukup mendapatkan vitamin A akan lebih kebal apabila terkena diare, campak, atau penyakit infeksi lainnya.

Pemberian dosis vitamin A disesuaikan pada usia anak. Untuk usia enam hingga sebelas bulan diberikan Vitamin A dengan dosis 100.000 IU yang ditandai dengan warna biru. Sedangkan, usia satu hingga lima tahun diberikan dengan dosis 200.000 IU yang ditandai dengan warna merah. "Ada dua jenis Vitamin A, dosisnya berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan usia anak," ucap Novarita.

Dia menambahkan, pemberian Vitamin A dilakukan saat pelaksanaan Posyandu. Untuk jadwalnya sesuai dengan pelaksanaan Posyandu di masing-masing wilayah. "Vitamin ini diberikan selama satu bulan penuh, pelaksanaannya tergantung jadwal Posyandu. Karena masing-masing wilayah berbeda," pungkas Novarita. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement