Rabu 12 Feb 2020 18:14 WIB

Wahyu Setiawan Akui Pernah Komunikasi dengan Advokat PDIP

Wahyu Setiawan pernah komunikasi dengan advokat PDIP, Donny Tri Istiqomah

Tersangka kasus dugaan korupsi penetapan pergantian antar waktu anggota DPR periode 2019-2024 Wahyu Setiawan menjawab pertanyaan wartawan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Rabu (5/2/2020).
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Tersangka kasus dugaan korupsi penetapan pergantian antar waktu anggota DPR periode 2019-2024 Wahyu Setiawan menjawab pertanyaan wartawan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan mengakui pernah melakukan komunikasi dengan Advokat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Donny Tri Istiqomah. "Pernah, pernah (lakukan komunikasi)," ucap Wahyu usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK Jakarta, Rabu (12/2).

Selain memeriksa Wahyu, KPK juga memeriksa Donny sebagai saksi untuk Wahyu. Namun bekas calon anggota legislatif PDIP itu hingga kini masih menjalani pemeriksaan. Wahyu mengungkapkan bahwa pemeriksaan kali ini, ia dikonfrontasi dengan Donny.

"Iya saya dikonfrontasi dengan saudara Donny. Ya, tema-tema komunikasilah. Biasa masih ajek seperti yang kemarin-kemarin," ungkap Wahyu.

Diketahui, Donny termasuk satu di antara delapan orang yang diamankan tim KPK saat operasi tangkap tangan. Namun, ia dibebaskan lantaran KPK belum menemukan bukti yang cukup untuk menetapkannya sebagai tersangka.

Desakan penetapan tersangka untuk Donny pun dilakukan  Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI). MAKI  mengajukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dan mendesak agar KPK menetapkan Donny dan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto sebagai tersangka dalam kasus ini.

Dalam perkara ini, KPK menetapkan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan dan 3 tersangka lainnya. Yakni mantan Anggota Bawaslu Agustiani Tio Fridelina, mantan Caleg PDIP Harun Masiku, dan Saeful pihak swasta.

Pemberian suap untuk Wahyu itu diduga untuk membantu Harun dalam Pergantian Antar Waktu (PAW) caleg DPR terpilih dari Fraksi PDIP yang meninggal dunia yaitu Nazarudin Kiemas pada Maret 2019. Namun dalam pleno KPU pengganti Nazarudin adalah caleg lainnya atas nama Riezky Aprilia.

Wahyu diduga sudah menerima Rp 600 juta dari permintaan Rp 900 juta. Dari kasus yang bermula dari operasi tangkap tangan pada Rabu, 8 Januari 2020 ini, tim penindakan KPK menyita uang Rp 400 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement