Jumat 03 Jan 2020 19:12 WIB

Kenangan Sang Anak Saat Yunahar Melawan Penyakit

Awalnya penyakit almarhum diketahui Lebaran 2019 lalu.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Yunahar Ilyas
Foto: Republika TV/Muhammad Rizki Triyana
Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Yunahar Ilyas

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Anak ketiga almarhum Yunahar Ilyas, Muhammad Hasnan Nahar, mengingat jelas saat bagaimana ayahnya melawan penyakit. Saat diderita berbagai penyakit, almarhum tidak mengeluh sama sekali. 

"Yang paling terngiang itu awal-awal Desember. Beliau bilang ya enggak apa-apa saya diberi sakit, soalnya sudah 63 tahun diberi nikmat. Bagi saya entah itu firasat atau bentuk kepasrahan, tapi itu mengena bagi saya," usai prosesi pemakaman almarhum di Pemakaman Karangkajen, Yogyakarta, Jumat (3/01). 

Hasnan menceritakan, almarhum menerima penyakit yang dideritanya. Ia pun menceritakan, awalnya penyakit almarhum diketahui pada Lebaran 2019 lalu. 

"Jadi rencananya, lusa setelah Idul Fitri itu mau ke Bukittinggi sekalian check up.  Setelah check up, diagnosis fungsi ginjal menurun," kata Hasnan. 

Setelah didiagnosa mengalami penurunan fungsi ginjal, almarhum pun melakukan perawatan pemulihan ginjalnya dengan dirawat di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan RS Sardjito. 

Bahkan, almarhum pun sudah direncakan untuk melakukan cangkok ginjal di RS Sardjito pada akhir Desember 2019. Namun, saat opname ketiga, almarhum juga didiagnosa mengalami gangguan pada paru-parunya. 

Sehingga, cangkok ginjal pun belum sempat dilakukan. Sebab, almarhum harus menjalani pemulihan untuk paru-paru sebelum menjalani cangkok ginjal. 

"Saat itu fokus pemulihan ginjalnya. Dalam perjalanannya, kena paru-parunya, collapse. Jadi yang kanan kempes, yang kiri ada beberapa lubang kecil. Kata dokter, tubuhnya harus fit (saat cangkok ginjal)" jelasnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement