Rabu 18 Dec 2019 09:36 WIB

Soal Dewas KPK, Jokowi: Yang Jelas Nama-Nama Baik

Jokowi menyebut Dewas KPK dari berbagai unsur, termasuk jaksa, dan ekonom.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Joko Widodo
Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan akan menunjuk figur-figur yang baik dan tepat untuk mengisi jabatan anggota Dewan Pengawas KPK. Hal ini disampaikannya saat berbincang dengan awak media Istana di Hotel Novotel, Balikpapan, Rabu (18/12).

"Namanya ya nanti ditunggu sehari saja kok, yang jelas nama-namanya nama yang baik lah, saya pastikan nama yang baik," ujar Jokowi.

Presiden menyebut, sejumlah nama telah diusulkan dan digodok oleh tim internal. Namun hingga kini masih dalam proses finalisasi.

Ia mengatakan, sejumlah figur yang akan terpilih nantinya berasal dari berbagai kalangan termasuk hakim, jaksa, ekonom, dan juga mantan anggota KPK.

"Karena hanya akan diambil lima, ada dari hakim, dari jaksa, ada dari mantan KPK, ada dari ekonom, ada dari akademisi, ada dari ahli pidana saya kira itu," ucap Jokowi.

Untuk diketahui, pelantikan anggota Dewan Pengawas KPK ini akan dilakukan bersamaan dengan pelantikan Ketua dan Wakil Ketua KPK periode baru pada 20 Desember nanti.

Keberadaan Dewan Pengawas KPK ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK. Dewan Pengawas KPK ini merupakan yang pertama kalinya dibentuk dan dipilih langsung oleh Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement