Rabu 04 Dec 2019 14:42 WIB

UMKM Depok Berperan Penting Kembangkan Ekonomi Masyarakat

Untuk meningkatkan penghasilan, pelaku UMKM telah diberikan sejumlah fasilitas kios.

Kios Putu Elok, salah satu kios UMKM Depok yang berlokasi di Alfamidi Super Jalan Limo Raya, Depok.
Foto: Istimewa
Kios Putu Elok, salah satu kios UMKM Depok yang berlokasi di Alfamidi Super Jalan Limo Raya, Depok.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, Jawa Barat, M Fitriawan mengatakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam mengembangkan perekonomian masyarakat, khususnya Kota Depok. "Untuk meningkatkan penghasilan kami memberikan fasilitas berupa kios-kios, diharapkan para pelaku UMKM dapat berkembang serta dapat meningkat lebih baik untuk pemasukan keluarga," kata Fitriawan di Balaikota Depok, Rabu (4/12).

Ia mengatakan pemberian kios UMKM adalah program yang dirintis Pemkot Depok, yang peduli terhadap fasilitas untuk para pelaku UMKM. Itu menjadi awal kepedulian yang harus dijalani dengan merawatnya.

Baca Juga

Menurut dia, program-program percepatan atau peningkatan usaha UMKM dari Pemkot Depok sangat diapresiasi dan didukung. Sebab salah satu program yang dicetuskan Wali Kota Depok tersebut merupakan program masa depan masyarakat dalam berusaha dengan hasil produk sendiri dan mandiri.

photo
Para pelaku UMKM dari Kecamatan Bojongsari, saat mengikuti Bazar Gelar Produk UMKM di Balaikota Depok.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagin) Kota Depok Kania Parwati mengatakan kios-kios sudah ditempati pelaku UMKM harus dirawat dengan baik agar terlihat indah dan nyaman untuk yang menempatinya, terutama kepada konsumen. Dengan menempati kios-kios itu, diharapkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Depok dapat naik.

“Seluruh kios yang selama ini kondisinya kosong harus segera diisi oleh para pelaku UMKM, dan dipelihara serta dirawat, dengan sebaik mungkin,” ujarnya.

photo
Para pelaku UMKM Depok di acara Depok Expo 2019 di Detos.

Salah seorang pelaku bisnis UMKM yang telah mendapatkan kios, E Yuswati mengatakan, sangat berterima kasih kepada dinas terkait yang membantu mendapatkan kios. Kios tersebut dipakainya untuk berjualan putu elok, dan kering kentang yang menjadi produk unggulannya. "Kios-kios yang dibantu oleh pemerintah Kota Depok patut dihargai untuk membantu para pelaku UMKM yang sedang bertumbuh. Sehingga produk-produknya akan lebih dikenal kalangan luas," ujar Yuswati. 

Dia mengatakan, kios tersebut akan dimaksimalkannya untuk mempromosikan produk-produk unggulan. "Supaya produk UMKM tidak dipandang sebelah mata, karena selama ini terkesan dinomorsekiankan," kata Yuswati. 

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement