Rabu 09 Oct 2019 06:54 WIB

Depok Halal Festival Digelar di Depok

Acara ini berlangsung selama 15 hari di DMall, Depok.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah
Kepala DKUM Depok, Muhammad Fitriawan (kanan) bersama Kepala Dinas DKP3 Depok, Diah Sadiah (tengah) di antara perwakilan UMKM yang berpartisipasi di ajang Depok Halal Festival, Selasa (8/10) di DMall, Depok.
Foto: Istimewa
Kepala DKUM Depok, Muhammad Fitriawan (kanan) bersama Kepala Dinas DKP3 Depok, Diah Sadiah (tengah) di antara perwakilan UMKM yang berpartisipasi di ajang Depok Halal Festival, Selasa (8/10) di DMall, Depok.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- International Council for Small Bisiness (ICSB) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Depok bekerja sama dengan MUI Kota Depok menggelar Depok Halal Festival. Acara berlangsung selama 15 hari ini dibuka untuk umum mulai Selasa (8/10) di DMall, Kota Depok.

Ketua ICSB Kota Depok, Wahyudi Setiawan mengatakan ISCB Fokus untuk memajukan dan kolaborasi riset akademisi pelaku usaha dalam meningkatkan UMKM khususnya di Kota Depok. "Dalam kegiatan Depok Halal Festival ini memiliki peran strategis untuk selalu berkolaborasi dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kesejahteraaan untuk memajukan usaha kecil dan menengah," ujar Wahyudi usai pembukaan acara Depok Halal Festival di DMall, Kota Depok, Selasa (8/10)

Baca Juga

Adapun acara ini akan diselenggarakan selama 15 hari dirangkai dengan berbagai kegiatan serta talk show. "Ada berbagai penjualan produk halal dari UMKM dan pameran serta talk show," terang Wahyudi.

Wahyudi yang juga Kepala Cabang BNI Syariah Kota Depok ini menambahkan,  diadakannya kegiatan yang melibatkan para UMKM sangat sejalan dengan BNI sariah yaitu menumbuh kembangkan UMKM. "Kami siap berkominten mengembangkan ekonomi UMKM di Kota Depok," ucapnya.

Dalam rangka menYukseskan acara Depok Halal Festival, pihaknya mensuport para UMKM dan bisa terus dilanjutkan secara berkesinambungan. Selain itu juga siap melayani dalam permodalan. "Mudah-mudahan kehadiran BNI Syariah dapat bermanfaat bagi para UMKM khususnya di Kota Depok," harapnya.

Sekretaris Daerah (Setda) Kota Depok, Hardiono yang membuka acara Depok Halal Festival ini berharap dapat meningkatkan perekonomian di Kota Depok. Salah satunya ini juga dapat menambah pendapatan Asli daerah (PAD) Kota Depok.

"Kota Depok pernah mendapatkan 11 persen PAD nya itu dari ekonomi kreatif. Salah satunya yaitu melalui UMKM, ada fashion, pembuatan film atau aplikasi dan ada 16 item lainnya yang semuanya itu berasal dari brain atas dasar pemikiran kita," terangnya.

Menurut Hardiono, potensi Kota Depok, kekuatannya ada di usaha UMKM dan ekonomi kteatif. "Untuk sumber daya lain, bisa dibilang sumber perdagangan dan jasa. Oleh karenanya dalam hal ini perlu adanya kreativitas masyarakat Kota Depok itu sendiri," tuturnya.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM), Muhammad Fitriawan mengatakan kegiatan Depok Halal Festival merupakan kali pertama diadakan di Kota Depok. "Hal ini merupakan upaya-upaya positif untuk memastikan atau untuk mendorong produk-produk yang dikonsumsi yang harus halal. Saya berharap produk halal UMKM Kota Depok dapat bersaing di nasional maupun internasional," pungkasnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement