Senin 28 Oct 2019 12:58 WIB

Ditanya Mitra Kerja Komisi, Mulan Jameela Merasa Dites

Mulan Jameela belum bisa memastikan apakah akan ditempatkan di Komisi VII.

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Indira Rezkisari
Anggota DPR Mulan Jameela bersama rekan sejawatnya usai mengikuti rapat paripurna MPR di Gedung Nusantara Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10).
Foto: Republika/Prayogi
Anggota DPR Mulan Jameela bersama rekan sejawatnya usai mengikuti rapat paripurna MPR di Gedung Nusantara Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wulansari alias Mulan Jameela mengaku hampir pasti ditempatkan di Komisi VII DPR RI, yang membidangi energi, riset dan teknologi, serta lingkungan hidup. Komisi VII memiliki banyak mitra kerja pemerintah eksekutif.

Mulan pun ditanya mengenai mitra komisi yang akan bekerja bersamanya nanti. "Wah ini ngetes ini, tes ini, tes ini," ucap Mulan, Senin (28/10).

Baca Juga

Mulan tetap tak menjawab mitra komisi yang bakal bekerja dengannya. Mulan juga tidak mengetahui subjek undang-undang yang menjadi fokus Komisi VII. Ia kemudian beralasan, posisinya di Komisi VII belum dipastikan.

"Ya kan kita belum ketok palu ini, nanti tunggu dulu kalau sudah diputuskan melalui rapat paripurna baru saya bicara ya," ujar dia. Padahal sebelumnya, ia cukup yakin bakal ditempatkan di komisi tersebut.

Kendati demikian, Mulan mengaku akan fokus pada isu lingkungan hidup, yang memang menjadi salah satu konsentrasi kerja komisi VII. Masih belum jelas persoalan lingkungan hidup yang mana yang bakal diperjuangkannya.

Mulan hanya mengatakan, isu lingkungan adalah isu yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. "Yang yang paling penting lingkungan hidup yang itu memang berhubungan sama masyarakat, pasti langsung berkenaan dengan masyarakat," ucap dia.

Komisi VII bermitra kerja dengan 15 kementerian atau badan, yakni Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Tenaga Nuklir (BATAN), Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETAN), dan Badan Informasi Geospasial.

Lalu, ada pula Badan Pengatur Kegiatan Hilir Migas (BPH Migas), Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Lembaga Eikjman dan Dewan Riset Nasional.

Selain itu, Komisi VII juga bermitra dengan Dewan Energi Nasional (DEN), Pusat Peragaan IPTEK, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Bidang Lingkungan Hidup), Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Bidang Riset Teknologi).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement