Senin 21 Oct 2019 23:02 WIB

Politikus Golkar: Pertahanan Jadi Ancaman Pemerintah

Dave Laksono menjelaskan ancaman bukan hanya perang, tetapi ancaman ideologi.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ratna Puspita
Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Golkar Dave Laksono
Foto: ROL/Havid Al Vizki
Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Golkar Dave Laksono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus Partai Golkar Dave Laksono menilai pertahanan menjadi salah satu ancaman yang akan dihadapi Indonesia dalam pemerintahan mendatang. Pertahanan yang dimaksud bukan hanya berorientasi pada militer dan perang.

"Ancaman terhadap Indonesia ini kan bukan hanya perang lagi, bala tentara datang menyerbu, bukan itu," Kata Dave di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (21/10).

Baca Juga

Ia beranggapan, ancaman pertahanan yang dimaksud yaitu ancaman yang  mengganggu eksistensi ideologi Pancasila. Selain itu, pertahanan energi, pertahanan pangan, dan pertahanan ekonomi juga menjadi ancaman pemerintah mendatang. 

Kendati demikian, Dave menilai kekuatan prajurit militer dan alutsista yang dimiliki Indonesia juga harus tetap menjadi fokus penguatan yang utama. "Pemilihan-pemilihan persenjataan itu tetap harus dilakukan. Pelatihan tentara juga harus ditingkatkan dan juga harus ada social skills-nya juga ya," ujarnya.

Kemudian, moralitas prajurit juga harus ditingkatkan serta peningkatan kesejahteraanya juga harus diperhatikan. "Jaminan hidupnya honornya dan tunjangannya harus ditingkatkan supaya mereka bekerja dengan tenang tidak perlu berpikir nencari cari tempt lain," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement