Rabu 16 Oct 2019 21:19 WIB

KSBSI Ingatkan Jokowi Tuntaskan Nawacita di Periode Kedua

Jokowi melontarkan nawacita dan revolusi mental sejak kampanye periode pertama.

Joko Widodo
Foto: EPA/Mast Irham
Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) mengingatkan Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden terpilih KH Ma'ruf Amin segera menuntaskan agenda nawacita dan revolusi mental. Dua agenda itu dilontarkan oleh Jokowi sejak kampanye periode pertama hingga periode kedua.

KSBSI menilai Jokowi masih punya utang untuk melanjutkan dan menuntaskan agenda nawacita dan revolusi mental dengan kabinet barunya. "Untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang unggul sesuai dengan butir keenam nawacita," kata Ketua Departemen Lobby & Humas KSBSI Andy William Sinaga di Jakarta, Rabu (16/10).

Baca Juga

"Yaitu, meningkatkan produktivitas dan daya saing sumber daya manusia Indonesia agar dapat berdaya saing di pasar internasional perlu segera dilakukan dengan memilih menteri yang paham tentang pemberdayaan SDM dan teknologi inovatif," kata dia.

Sementara itu, untuk mewujudkan bangsa yang berdikari sesuai dengan butir ketujuh nawacita, pemerintah harus mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik bangsa ini. "Presiden Jokowi perlu menggerakkan ekonomi pedesaan yang bermuara penciptaan ekonomi kecil yang inovatif," kata dia.

Ia menilai perlu dibentuk balai-balai latihan kerja dan pelatihan vokasi sampai ke pedesaan agar dapat mengurangi tingkat pengangguran di pedesaan dan mencegah arus urbanisasi. "KSBSI yakin Jokowi dan KH Ma'ruf Amin dapat menuntaskan nawacita dan revolusi mental para aparatur birokrasi dan TNI/POLRI agar cita-cita luhur pendiri bangsa ini menciptakan masyarakat makmur, mandiri dan sejahtera dapat tercapai," kata dia.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement