Selasa 01 Oct 2019 09:03 WIB

Pelatih Persib tak Masalah Pemainnya tak Dipanggil Timnas

Pelatih Timnas tak memanggil satupun pemain persib untuk ikut Kualifikasi Piala Dunia

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts
Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts enggan mempersoalkan keputusan pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy yang tak memasukkan satu nama pun penggawa Persib Bandung di daftar 25 pemain yang dipanggil melakukan pemusatan latihan.

Sedianya, 25 penggawa Timnas Indonesia disiapkan untuk menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2022 menghadapi Uni Emirat Arab, 10 Oktober mendatang. Namun dari daftar pemain yang dipanggil tidak ada satupun pemain yang menjadi perwakilan dari skuat Maung Bandung. 

AYO BACA : Pesan Robert untuk 4 Pemain Persib yang Dipanggil Timnas

Sebelumnya, Febri Hariyadi sempat dipanggil Timnas Indonesia. Namun meski dipanggil, pemain sayap itu tak dimainkan ketika Timnas Indonesia menuai kekalahan saat menghadapi Malaysia dan Thailand.

Robert mengakui, urusan pemanggilan pemain memang merupakan kewenangan penuh dari Simon McMenemy sebagai pelatih. Robert juga menilai pasti ada beberapa pertimbang kenapa Simon tak memanggil penggawa Maung Bandung. Pasalnya lanjut Robert untuk memanggil seorang pemain bukan hanya menyoal dari segi kualitas, tetapi juga sejauh mana kebutuhan tim untuk memanggil pemain yang sesuai untuk strategi permainan yang bakal diterapkan.

AYO BACA : Tiga Penggawa Persib Dipanggil Timnas, Ini Respons Robert Alberts

"Saya pikir itu hak dari pelatih timnas untuk memilih pemain terbaik yang cocok untuk sistem yang digunakannya. Dan seperti yang banyak dibicarakan orang-orang, kami punya banyak talenta tapi belum cukup untuk masuk ke timnas, dan kami harus respek pada pelatih timnas. Kami punya pemain yang bagus dan bertalenta tapi pemain lain punya tipe bermain yang berbeda dan itu jadi wewenang pelatih timnas. Tapi kami tetap mendukung timnas dan mendoakan hasil terbaik untuk Indonesia," ungkap Robert.

Di sisi lain, disinggung keuntungan Persib tidak adanya pemain yang dipanggil ke timnas, Robert enggan berbicara banyak. Robert hanya mengaku, hal penting saat ini baginya adalah memastikan tidak ada pemain yang mengalami penurunan mental karena tidak dipanggil timnas.

Pasalnya, Robert tak menampik tak adanya pemanggilan ini akan membuat pemain kecewa. Terlebih bagi para pemain sebelumnya yang biasa dipanggil timnas. Karenanya, Robert mengaku hanya akan fokus memulihkan mental dan motivasi pemain untuk menunjukkan kemampuan terbaik guna guna dipercaya kembali ke timnas.

"Yang penting pemain yang pernah dipanggil, Jupe pernah dipanggil, dan Febri juga pernah dipanggil, lalu mereka kini tidak mendapat panggilan, saya harus bekerja dengan mereka supaya tidak merasa kecewa. Karena setiap pemain pasti termotivasi untuk masuk ke timnas dan jika setelahnya mereka tidak dipanggil karena pelatih menilai mereka tidak sesuai level yang diinginkan lalu merasa down, tugas saya untuk langsung mengatasi situasi tersebut," ujarnya.

AYO BACA : Kembali dari Timnas, Beckham Pede Bantu Persib Tumbangkan Badak Lampung

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement