Rabu 28 Aug 2019 00:02 WIB

Citarum Harum, Peneliti dari Australia akan Dilibatkan

Peneliti Australia akan berkolaborasi dalam program Citarum Harum.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

SUMURBANDUNG, AYOBANDUNG.COM—Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menggelar pertemuan dengan 12 tokoh pendidikan dan peneliti dari Australia yang tergabung dalam Board of Australia-Indonesia Centre (AIC) di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (26/8/2019). AIC merupakan lembaga riset yang dibentuk pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono.

Menurut Ridwan Kamil, dalam pertemuan tersebut, Pemerintah Provinsi Jabar dan AIC akan berkolaborasi mencari jawaban soal tantangan pembangunan. AIC akan terlibat dalam program Citarum Harum dan pengembangan ekonomi inklusif di desa-desa se-Jabar.

AYO BACA : Diklaim Bisa Bersihkan Citarum Dalam Sepekan, Ini Cara Kerja Bakteri MR-8

"Mereka akan membantu kita menyukseskan program Citarum Harum melalui keilmuannya, juga dilibatkan pada pengembangan ekonomi inklusif di desa," ujar Ridwan Kamil.

Selain itu, kata Emil, AIC akan melakukan riset soal ekonomi digital. Keterlibatan AIC merupakan wujud penerapan konsep Penthahelix yang diterapkan Pemdaprov Jabar dalam menjalankan roda pemerintahannya. Penthahelix sendiri adalah menggandeng lima unsur, yaitu Akademisi, Bisnis, Community, Government, dan Media (ABCGM) dalam pembangunan.

AYO BACA : Ditebar Bakteri, Sungai Citarum Bisa Bersih Hanya Dalam Satu Pekan

"Riset-riset mereka akan bermanfaat bagi pembangunan kita, inilah bentuk kolaborasi Penthahelix tak hanya dari dalam negeri, tapi dari luar negeri," katanya.

Emil menilai, riset-riset seperti ini sangat dibutuhkan.

"Silakan kita sangat terbuka siapa yang punya niat baik bagi Jabar," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Pemdaprov Jabar dan AIC menandatangani Letter of Intent (LoI) sebagai bentuk keseriusan kerja sama kedua belah pihak.

"Kita langsung tanda tangan Letter of Intent untuk menunjukkan keseriusan. Jadi, langsung pada rencana aksi," kata Emil.

AYO BACA : Daur Ulang Sampah Sungai Citarum Kurangi Emisi CO2 Gas Rumah Kaca

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement