Jumat 26 Jul 2019 20:36 WIB

UBSI Purwokerto Gelar Workshop Sertifikasi Sistem Basis Data

UBSI Kampus Purwokerto akan menyelenggarakan beberapa sertifikasi lagi.

Perwakilan mahasiswa peserta berfoto bersama dengan nara sumber workshop sistem basis data.
Foto: Dok UBSI
Perwakilan mahasiswa peserta berfoto bersama dengan nara sumber workshop sistem basis data.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Purwokerto menggelar Workshop Sistem Basis Data. Workshop itu  untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa sebelum melaksanakan sertifikasi kompetensi sistem basis data.

Workshop tersebut diadakan  di UBSI Kampus Purwokerto, Jalan HR  Bunyamin 106, Pabuaran, Purwokerto Utara, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah,  Kamis (20/6).

Peserta yang hadir tidak kurang dari 60 orang. Mereka adalah  mahasiswa Program Studi (Prodi)  Sistem Informasi semester enam. Nara sumber workshop,  Ahmad Nouvel memberikan pembekalan dan pengarahan kepada para peserta workshop mulai dari materi dasar sistem basis data hingga simulasi pengerjaan soal sertifikasi nantinya.

“Salah satu tujuan dari penyelenggaraan workshop ini adalah sebagai pembekalan dan persiapan yang disiapkan UBSI Kampus Purwokerto dalam mendukung suksesnya penyelenggaraan sertifikasi kompetensi sistem basis data,”  kata Eva Argarini Pratama selaku kepala Program Studi (Kaprodi) Sistem Informasi UBSI Kampus Purwokerto, dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (25/7).

photo
Suasana workshop sertifikasi kompetensi sistem basis data yang diadakan oleh UBSI Kampus Purwokerto.

Ia menambahkan, UBSI menggandeng E-Test For Indonesian Professional (Knowledge Profiency) bernama PREINEXUS untuk menyelenggarakan sertifikasi kompetensi ini. “Selain bekerja sama dengan PREINEXUS, sertifikasi sistem basis data yang akan kami lakukan merupakan kategori Test Pengetahuan Industri di mana yang mengeluarkan sertifikat adalah IAII (Ikatan Ahli Informatika Indonesia),” ujarnya.

Ragil Wijianto selaku kepala Kampus UBSI Purwokerto mengatakan,  Sertifikasi Sistem Basis Data merupakan salah satu sertifikasi yang telah diselenggarakan di UBSI Kampus Purwoketo. Sertifikasi lainnya adalah  sertifikasi di bidang networking yaitu sertifikasi CCNA dari Cisco Networking Academy.

“UBSI Kampus Purwokerto, sebelumnya  juga sudah bekerja sama dengan CISCO Academy untuk menyelenggarakan sertifikasi di bidang keahlian networking kepada para mahasiswa.

Tahun ini UBSI Kampus Purwokerto akan menyelenggarakan beberapa sertifikasi lagi, antara lain Sertifikasi Mikrotik, Networking Adinistrator, dan Programmer serta sertifikasi kompetensi aplikasi basis data,” ungkap Ragil.

Ragil menambahkan bahwa sertifikasi-sertifikasi kompetensi ini juga diselenggarakan di UBSI kampus lainnya,  yakni UBSI Kampus Pontianak, UBSI Kampus Solo, UBSI Kampus Tegal, UBSI Kampus Yogyakarta, dan kampus-kampus UBSI yang terletak di Jabodetabek.

“Semoga nantinya dengan terselenggarannya sertifikasi semacam ini, menjadikan lulusan UBSI, lulusan yang lebih berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja sehingga memudahkan mereka dalam mengembangkan karirnya,” paparnya.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement