Jumat 26 Jul 2019 01:01 WIB

Kota Depok Lolos Tahap Verifikasi Dokumen Kota Sehat

Depok berharap meraih penghargaan Swasti Saba Wistara 2019.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
Sejumlah warga antre mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan di Kantor Pelayanan Askes Sukmajaya, Depok, Jabar.
Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Sejumlah warga antre mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan di Kantor Pelayanan Askes Sukmajaya, Depok, Jabar.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Kota Depok berhasil lolos pada tahap verifikasi dokumen kota sehat. Selanjutnya, Kota Depok akan melalui tahap verifikasi lapangan bersama 165 kabupaten/kota untuk perolehan penghargaan Swasti Saba Wistara 2019.

"Alhamdulillah, Kota Depok lolos verifikasi dokumen kota sehat. Tahap selanjutnya akan dilakukan verifikasi ke lapangan," ujar Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, May Haryanti di Balai Kota Depok, Kamis (25/7).

Menurut May, proses verifikasi lapangan akan dilaksanakan pada 26 Juli hingga 30 Agustus 2019 mendatang. Verifikasi ini dilakukan langsung oleh Tim Verifikasi Pusat.

Saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sedang melakukan berbagai persiapan. Di antaranya mematangkan pemilihan lokasi khusus (lokus) yang akan diajukan untuk verifikasi lapangan.

Kemudian, lanjut May, pembinaan lokus bersama dengan wilayah baik kelurahan, kecamatan, Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS), maupun kelompok kerja (pokja) kelurahan. "Setelah ditetapkan lokusnya nanti akan ada pembinaan bersama Perangkat Daerah terkait untuk memaksimalkan penilaian verifikasi lapangan," terangnya.

May menambahkan, dengan persiapan dan pembinaan yang dilakukan terhadap lokus yang terpilih, diharapkan dapat memperoleh hasil yang optimal. "Tentu kami berharap dapat memperoleh penghargaan Swasti Saba Wistara untuk Kota Depok," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement