Jumat 26 Jul 2019 00:06 WIB

MRT Lebak Bulus akan Terintegrasi dengan Poins Square

Skybridge dibangun menghubungkan MRT Lebak Bulus dengan Poins Square.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Indira Rezkisari
Rangkaian kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Lebak Bulus-Bundaran HI melintas di Stasiun Fatmawati, Jakarta.
Foto: Antara
Rangkaian kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Lebak Bulus-Bundaran HI melintas di Stasiun Fatmawati, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Mass Rapid Transit (MRT)  akan menargetkan pembangunan (Transit Oriented Development) TOD Lebak Bulus, Jakarta Selatan. TOD Lebak Bulus masih dalam proses kerja sama dengan PT Intiland Development pemilik Poins Square Mall.

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar, mengatakan saat ini akan ada perencanaan interkoneksi Poins Square Mall dengan stasiun MRT Lebak Bulus berupa skybridge arah utara yang menuju Poins Square Mall. Sehingga penumpang bisa mengunjungi pusat perbelanjaan.

Baca Juga

“Nantinya, akan ada skybridge yang menghubungkan MRT Lebak Bulus dengan Poins Square Mall. Sehingga penumpang yang ingin menuju Poins Square tinggal melewati skybridge dari MRT Lebak Bulus dilengkapi dengan lift dan eskalator,” katanya di Mercure Hotel Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (25/7).

Kemudian, kata dia, TOD ini akan dilengkapi transit plaza pick up dan drop off di sekitar MRT Lebak Bulus untuk kendaraan pribadi, ojek daring serta transportasi umum lainnya. Lalu, ia memilih lokasi tersebut buat TOD agar semua kegiatan tidak berpusat di Kota melainkan di perbatasan Jakarta Selatan.

William menambahkan TOD pertama sudah dilakukan di Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Namun, TOD kedua akan dikembangkan di Lebak Bulus karena Lebak Bulus merupakan wilayah yang potensial bagi kegiatan warga sehari-hari.

“Jadi, nanti akan memudahkan penumpang untuk berpindah antar moda transportasi umum, ke Poins Square Mall dan juga pastinya ada jalur pedestrian untuk pejalan kaki,” ujar dia.

William mengaku terkait Terminal Lebak Bulus masih dalam pembahasan karena Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin) masih dikaji secara konsep dan lahannya. Ia juga sudah berdiskusi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta serta Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta.

“Ya masih dalam pembahasan lahannya dimana untuk pembangunan terminalnya. Intinya masih menunggu keputusan Pemprov DKI dan Dishub karena lahannya dimiliki mereka,” kata dia.

Kepala Divisi Sekretaris PT MRT Jakarta, Kamaluddin, mengatakan proses kerja sama dengan PT. Intiland Development pemilik Poins Square Mall saat ini sudah mencapai 90 persen. Tahap akhir tinggal penandatanganan kerja sama.

“Hampir final untuk bagian kerja samanya. Dipikirkan juga nanti pembangunan seperti apa. Yang jelas skybridge-nya arah utara ke Poins Square Mall. Sehingga penumpang mudah untuk menuju Poins Square Mall,” ujar dia.

Kamaluddin menambahkan nantinya wilayah Lebak Bulus, Jakarta Selatan akan menjadi perkotaan yang lengkap dengan bangunan properti karena akan ada pembangunan apartemen baru di belakang Poins Square Mall.

Skybridge juga nantinya akan terkoneksi dengan apartemen tersebut. Apartemen tersebut sedang dalam proses pembangunan. Sehingga Poins Square Mall dengan apartemen tersebut terkoneksi dengan stasiun MRT Lebak Bulus serta halte Transjakarta Lebak Bulus.

Lalu, untuk melengkapi TOD Lebak Bulus proses pembangunan Terminal Lebak Bulus juga masih dalam pembahasan. Sebab, pembangunan Terminal Lebak Bulus perlu waktu. Kalau bisa secepatnya akan dibangun terminalnya.

“Tunggu ya. Saat ini kami belum bisa publish ke media secara detail karena masih ada pertemuan-pertemuan selanjutnya dengan Pemprov DKI dan Dishub. Yang jelas masih dalam tahap kajian dan pastinya akan dibangun Terminal Lebak Bulus,” ujar dia.

Kamaluddin menambahkan pembangunan terminal sedang dikaji tentang pembangunan idealnya seperti apa, keluar dan masuknya angkutan umum seperti apa dan lahannya yang saat ini terbatas. Sehingga pembangunan Terminal Lebak Bulus nantinya akan bermanfaat dan memudahkan bagi penumpang.

“Ya Rabu kemarin (24/7) sudah membahas dengan Dishub DKI Jakarta tetapi nanti kalau sudah hasil akhirnya baru kami jelaskan ya. Tunggu informasi selanjutnya,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement