Sabtu 18 May 2019 20:33 WIB

Wagub Sumbar Harap Milenial Isi Harkitnas dengan Pembangunan

Harkitnas lahir dari semangat persatuan dan kesatuan.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil
Wakil Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit.
Foto: Antara
Wakil Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG--Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit berkomentar terkait peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke 111 yang akan jatuh pada Senin (20/5). Nasrul menyebut pada momen kebangkitan nasional 2019 ini harus dimaknai dengan cara lain.

Bila dulu para pahlawan menggalakkan hari kebangkitan untuk melawan penjajahan Belanda, kini Indonesia yang merdeka kata dia harus bangkit untuk melanjutkan cita-cita pembangunan.

Baca Juga

"Jadi dengan semangat persatuan dan kesatuan itulah timbul Harkitnas tersebut. Sekarang tugas kita adalah melanjutkan cita-cita pembangunan tersebut" kata Nasrul, Sabtu (18/5).

Wagub mengimbau kepada para pemuda khususnya pelajar agar tidak luput mempelajari sejarah perjalanan bangsa terlebih saat para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan. Generasi muda atau milenial kata Nasrul harus paham bagaimana mahalnya harga yang harus dibayarkan oleh bapak-bapak dan pahlawan bangsa untuk merebut kemerdekaan.

Sekarang di era kemerdekaan dan kemajuan teknologi kata Nasrul kaum muda harus giat belajar dan membangun bangsa supaya terus melangkah maju.

"Isilah kemerdekaan ini sesuai dengan zaman nya, artinya kita melanjutkan estapet pembangunan ini dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat, sesuai dengan cita-cita bangsa," ujar Nasrul.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Nomor 335 Tahun 2019 tentang Pembentukan Panitia Penyelenggara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-111 tahun 2019, maka tema yang diangkat adalah "bangkit untuk bersatu".

Untuk pelaksanaan upacara bendera di Pusat, akan dilaksanakan pada masing-masing Kementerian/ Lembaga Non Kementerian. Sedangkan untuk Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sendiri, upacara bendera akan dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur, mulai pukul 08.00 WIB

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement