Ahad 12 May 2019 23:32 WIB

Besok, KPU Gelar Rekapitulasi Pemilu 4 Provinsi

Hingga saat ini, ada delapan provinsi yang hasil pemilunya telah ditetapkan oleh KPU.

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Andi Nur Aminah
Ketua KPU Arief Budiman berjalan usai mengikuti Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu serentak 2019 Luar Negeri di gedung KPU, Jakarta, Ahad (5/5).
Foto: Republika/Prayogi
Ketua KPU Arief Budiman berjalan usai mengikuti Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu serentak 2019 Luar Negeri di gedung KPU, Jakarta, Ahad (5/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman, mengatakan pihaknya akan menggelar sidang pleno terbuka rekapitulasi hasil Pemilu 2019 untuk empat provinsi pada Senin (13/5). Hingga saat ini, ada delapan provinsi yang hasil pemilunya telah ditetapkan oleh KPU.

"Besok 13 Mei sebagaimana sudah kami sudah konfirmasi dengan KPU provinsi, kami akan melakukan rekapitulasi hasil pemilu untuk provinsi Sulawesi Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sulawesi Utara dan Kalimantan Timur. Rekapitulasi dimulai pukul 10.00 WIB, " ujar Arief kepada wartawan di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Ahad (12/5) malam. 

Baca Juga

Menurut Arief, rapat rekapitulasi pada Senin akan digelar dalam satu panel. Karena ada empat provinsi, maka KPU sepakat telah menggelar rapat pleno rekapitulasi sejak pagi. "Kami pun sudah memperoleh konfirmasi dari Lampung dan Jawa Timur juga akan hadir pada Senin. Namun, kedua provinsi baru bisa datang ke Jakarta sore hari. Sehingga belum bisa dipastikan akan dilakukan pada sesi Senin malam hari atau tidak.  Kalau tidak bisa   maka Lampung dan Jawa Timur akan diikutkan dalam pleno rekapitulasi pada 14 Mei (Selasa)," jelas Arief.

Sebelumnya, KPU telah menetapkan hasil Pemilu 2019 dari delapan provinsi hingga Ahad malam. Paslon capres-cawapres nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin unggul dua juta suara dari paslon capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga Uno.

Delapan provinsi yang telah ditetapkan hasil pemilu yakni Bali, Bangka Belitung, Gorontalo, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Bengkulu, Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan. Hasil pilpres dari Bali, Bangka Belitung, Gorontalo, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah sudah ditetapkan pada Jumat (10/5) dan Sabtu (11/5).

Sementara itu, hasil pilpres dari provinsi Bengkulu, Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan baru ditetapkan pada Ahad. Berdasarkan hasil pilpres dari delapan provinsi di atas,  paslon capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin meraih 7.413.099 suara. Sementara itu, paslon capres-cawapres Prabowo-Sandiaga Uno meraih 4.809.998 suara.

Adapun selisih suara untuk kedua paslon yakni 2.603.101 suara. Dengan demikian, paslon Jokowi-Ma'ruf Amin masih unggul dua juta suara dari Prabowo-Sandiaga Uno.  Sementara itu, jumlah total suara sah pilpres sebanyak 32.223.457 suara. Jumlah total suara tidak sah pilpres  292.984 suara. Jumlah suara sah dan tidak sah pilpres 32.516.441 suara.

Selain itu, hingga Ahad malam, KPU telah menetapkan hasil pileg DPR RI dari delapan provinsi. Dari hasil pileg,  tercatat PDIP memimpin dengan meraih 3.151.046 suara.  Disusul kemudian Golkar yang meraih 1.518.303 suara dan Gerindra yang mendapatkan 1.075.648 suara. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement