Selasa 07 May 2019 17:31 WIB

UMP Berikan Beasiswa untuk Kader dan Hafiz Alquran

Ada delapan program beasiswa dari UMP untuk kader Muhammadiyah dan hafiz Alquran.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Gita Amanda
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Foto: wordpress.com
Universitas Muhammadiyah Purwokerto

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Berbagai macam beasiswa diberikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) terhadap para mahasiswanya. Rektor UMP Dr Anjar Nugroho, menyebutkan sejauh ini ada delapan program beasiswa yang diberikan UMP.

''Beberapa di antaranya adalah beasiswa yang diberikan pada Hafiz Alquran (penghapal Alquran) dan beasiswa bagi keluarga kader Muhammadiyah,'' jelasnya, Selasa (7/5).

Baca Juga

Dia menyebutkan, pemberian beasiswa bagi Hafiz Alquran, bertujuan untuk memotivasi generasi-generasi muda Islam agar mencintai Alquran. Sedangkan beasiswa bagi kader Muhammadiyah, diberikan sebagai apreiasi kepada mereka yang aktif di persyarikatan Muhammadiyah.

Dengan mendapat beasiswa kader, kata Rektor, setiap mahasiswa akan mendapatkan potongan biaya kuluiah sebesar 50 persen. Sedangkan bagi Hafiz Alquran, dibebaskan seluruhnya dari biaya kuliah, bahkan mendapat jaminan hidup selama kuliah di UMP.

''Program beasiswa tersebut diberikan pada calon mahasiswa sejak awal masuk kuliah, hingga selesai kuliah,'' katanya.

Untuk itu, bagi Hafiz Alquran yang ingin kuliah di UMP bisa mendaftar sebagai calon mahasiswa UMP melalui jalur Hafiz Alquran dan kader muhammadiyah. Dengan demikian, ujian seleksi yang dilakukan tidak hanya tes akademik saja, tapi juga tes terkait dengan jalur pendaftarannya.

''Hafiz Alquran akan dites mengenai hapalan Alqurannya, sedangkan kader Muhammadiyah akan dites mengenai keaktifannya dalam persyarikatan Muhammadiyah,'' katanya.

Dalam proses penerimaan mahasiswa baru saat ini, Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) UMP telah membuka pendaftaran mahasiswa baru gelombang 1. Program beasiswa yang diberikan, selain beasiswa kader dan hafiz Alquran, juga ada beasiswa bagi fakir miskin dan anak yatim.

Kepala PPMB UMP Anis Shofiani, menyampaikan para calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur beasiswa wajib mengikuti wawancara. ''Setelah wawancara ini, kami bersama pimpinan akan mendiskusikan kelayakan hasil ujian mereka apakah dinyatakan diterima atau tidak,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement