Selasa 30 Apr 2019 11:49 WIB

Gempa 5,5 SR Guncang Kepulauan Tanimbar Maluku

Pusat gempa, menurut BMKG, berada pada kedalaman 10 kilometer.

Gempa (ilustrasi)
Foto: eeri.org
Gempa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gempa bumi dengan magnitudo 5,5 mengguncang wilayah Kepulauan Tanimbar di Provinsi Maluku Selasa (30/4). Gempa terjadi pukul 09.28 WIB menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Pusat gempa, menurut BMKG, berada pada kedalaman 10 kilometer di 6,28 Lintang Selatan dan 131,59 Bujur Timur. Gempa yang terjadi di daerah yang berada 144 kilometer barat daya Maluku Tenggara, 148 kilometer barat daya Tual-Maluku, 190 kilometer timur laut Maluku Tenggara Barat, 477 kilometer tenggara Ambon Maluku iu tidak berpotensi menimbulkan tsunami menurut BMKG.

Baca Juga

Sebelumnya, pada pekan lalu sbuah gempa hampir dengM kekuatan yang sama, yakni magnitudo 5,0 mengguncang wilayah Samudera Hindia Selatan Bali-Nusa Tenggara Senin (22/4). Kepala Stasiun Geofisika Mataram Agus Riyanto mengatakan, episenter gempa berlokasi di laut pada jarak 77 km arah selatan Kota Sumbawa Besar, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada kedalaman 78 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak gempa berkedalaman dangkal ini diakibatkan aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia," ujar Agus di Mataram, NTB.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement