Sabtu 27 Apr 2019 12:05 WIB

Ratusan Peserta Ikuti Seleksi Anggota Paskibraka di Jakarta

Seleksi paskibraka berlangsung di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan

Rep: Nugroho Habibi/ Red: Christiyaningsih
Paskibra/ilustrasi
Paskibra/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Olahraga dan Pemuda (Dispora) Provinsi DKI Jakarta melaksanakan seleksi calon anggota Paskibraka tingkat provinsi dan nasional pada 24 sampai 26 April 2019. Proses seleksi berlangsung di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) DKI Jakarta.

Kepala Dispora DKI Jakarta Ratiyono mengatakan jumlah peserta terdiri dari 260 putra dan putri. Mereka berasal dari kota dan kabupaten di lingkup DKI Jakarta. Menurutnya, peserta melakukan serangkaian materi seleksi seperti tes Samapta, Peraturan Baris-Berbaris (PBB), pengetahuan umum, hingga tes urinalisis (tes urine) yang dilaksanakan oleh BNN (Badan Narkotika Nasional) Provinsi DKI Jakarta.

Baca Juga

Ratiyono menjelaskan Dispora menentukan satu putra dan satu putri untuk menjadi perwakilan provinsi DKI Jakarta di tingkat nasional. Rayhand Alfaro Ferdinand dari SMA Al Azhar Jakarta Selatan dan Rachel Emmanuel Miranda dari SMA PSKD 1 Jakarta Pusat merupakan peserta yang terpilih sebagai perwakilan Provinsi DKI Jakarta.

Ratiyono berharap peserta yang terpilih di tingkat nasional dapat menjaga nama baik Provinsi DKI Jakarta dan PPI DKI Jakarta. "Agar upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 tahun nanti dapat berjalan baik dan lancar, dari Sabang sampai Merauke," kata Ratiyono di Jakarta, Jumat (26/4).

Selain seleksi untuk mewakili provinsi di tingkat nasional, Dispora DKI Jakarta juga melakukan seleksi tingkat provinsi. Peserta bersaing agar dapat terpilih untuk bertugas di tingkat provinsi DKI Jakarta. "Peserta berasal dari lima kota administrasi dan satu kabupaten di DKI Jakarta," katanya.

PPI Jakarta Pusat mengirim 25 peserta untuk terlibat dalam proses seleksi. Dari serangkaian proses seleksi, PPI Jakarta Pusat berhasil meloloskan lima putra dan lima putri untuk bertugas di tingkat Provinsi DKI Jakarta.

"Alhamdulillah PPI Jakarta Pusat mewakilkan satu putri untuk bertugas ditingkat nasional," kata ketua PPI Jakarta Pusat Wan M Guntar.

Guntar mengatakan pencapaian itu tak lepas dari kerja sama tim yang dibangun dengan baik. Dia mengungkapkan timnya telah berusaha secara maksimal.

"Terima kasih ini berkat hasil dari usaha dan doa kita semua serta rekan-rekan pengurus dan adik-adik panitia yang terlibat langsung maupun tidak langsung di lapangan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement