Rabu 17 Apr 2019 15:31 WIB

Quick Count Sementara Indikator: Jokowi-Maruf 55,89 Persen

Suara Prabowo Subianto-Sandiaga versi Indikartor 44,11 persen.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Andri Saubani
Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana Joko Widodo menggunakan hak suaranya di TPS 008, Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (17/4).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana Joko Widodo menggunakan hak suaranya di TPS 008, Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (17/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indikator Politik Indonesia (IPI) merilis hasil exit poll dan quick count Pilpres 2019 pada Rabu, (17/4) sore. Paslon nomor 01, Joko Widodo-Maruf Amin unggul sementara dengan raihan suara 55,89 persen. Adapun, raihan suara paslon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebesar 44,11 persen.

Hingga saat ini perolehan data yang masuk sudah mencapai 46,57 persen. Sementara, tingkat partisipasi pemilu mencapai 83,50 persen.

Dari peta hasil perhitungan IPI, Jokowi-Maruf unggul di Sumatra Utara, Lampung, Kepulauan Riau, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Tenggara, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTT, Papua, Maluku, Maluku Utara dan Papua Barat. Adapun, Prabowo-Sandi unggul di Aceh, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Riau, Jawa Barat, Sulawesi Selatan.

Data itu didapat Republika dari pantauan sementara di lokasi IPI mengadakan konferensi pers soal hasil perhitungannya. Sampai berita ini diturunkan, belum ada pernyataan resmi dari pihak IPI.

Diketahui, quick count atau hitung cepat dilakukan dengan menghitung peesentase hasil pemilu di TPS yang dijadikan sampel. Tingkat akurasi hitung cepat lebih tinggi karena bukan menghitung berdasarkan pengakuan responden. Sedangkan exit poll dihitung dengan cara petugas lembaga survei menanyai pilihan pemilih seusai keluar dari TPS yang dijadikan sampel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement