Rabu 13 Feb 2019 17:16 WIB

HUT Kota Solo, 28.400 Takir Jenang Bakal Dibagikan

Festival jenang akan dilaksanakan di Stadion Sriwedari.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Dwi Murdaningsih
Festival Jenang Solo
Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara
Festival Jenang Solo

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Sebanyak 28.400 takir jenang bakal dibagikan dalam acara Semarak Jenang Sala 2019 untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-274 Kota Solo. Acara bertema Pesona Jenang Majemukan tersebut akan digelar di Plaza Sriwedari, Ahad (17/2) pagi. Festival jenang akan dilaksanakan setelah upacara peringatan HUT ke-274 Kota Solo di Stadion Sriwedari.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Solo, Hasta Gunawan, mengatakan, dalam festival jenang tersebut akan ditampilkan 17 jenis jenang. Di antaranya jenang sengkolo, jenang abang putih, jenang katul, jenang lemu, jenang sepasaran, jenang timbil, jenang rangrang, jenang taming, jenang sumsum, jenang grendul, jenang pati, jenang kala, jenang majemukan, jenang saloka, dan jenang warnimpak.

Panitia menyediakan 1.000 takir jenang yang akan disusun menjadi gunungan. Nantinya, gunungan tersebut akan dibagikan kepada masyarakat yang hadir.

"Acara akan diikuti 274 stand dari pasar, BUMN, sekolah, dan masyarakat, banyak yang daftar. Setiap stand menyediakan 100 takir jenang ditambah 1.000 takir dari panitia," kata Hasta saat jumpa pers di Balai Kota Solo, Rabu (13/2).

Stand-stand tersebut dibuat dari blarak agar nuansa tradisionalnya terlihat. Selain itu, panitia bekerja sama dengan Dinas Pertanian akan menyediakan buah-buahan lokal di acara tersebut.

"Jenang akan dibagikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota sebagai tanda dimulainya pesta jenang," kata dia.

Dinas Pariwisata juga akan mengundang sekitar puluhan buyer untuk hadir di acara pesta jenang tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement