Rabu 23 Jan 2019 22:10 WIB

Soal Baasyir, TKN: Ini Bukan Soal Untung Rugi untuk Jokowi

Terkait Baasyir, TKN menilai Jokowi lebih melihat aspek kemanusiaan

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Bayu Hermawan
Ace Hasan Syadzily.
Foto: Humas DPR RI
Ace Hasan Syadzily.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syadzily mengatakan rencana pembebasan Ustaz Abu Bakar Baasyir bukan masalah elektabilitas Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres. Menurutnya, Jokowi lebih melihat pada aspek kemanusiaan dalam rencana tersebut.

"Ini bukan soal untung rugi terhadap elektoral Pak Jokowi-Kiai Ma’ruf. Aspek kemanusiaan sangat penting dan menjadi perhatian Pak Jokowi," kata Ace saat dihubungi, Rabu (23/1).

Selain itu, ia mengakui pemebasan Ba'asyir menjadi rumit lantaran Ba'asyir enggan memenuhi syarat-syarat yang dibebankan kepadanya untuk mendapatkan kebebasan tersebut. "Aspek loyalitas dan kepatuhan terhadap Pancasila dan NKRI juga sama penting juga," ujarnya.

Menurutnya, hal ini yang kemudian menjadikan pembebasan Ba'asyir perlu dikaji secara lebih mendalam dan menimbulkan pro-kontra di barisan Presiden Joko Widodo. "Karena itu, soal Abu Bakar Ba’asyir mempertimbangkan kedua aspek itu sehingga perlu pengkajian yang mendalam," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement