Kamis 10 Jan 2019 21:20 WIB

Eks Ketua KPK Optimistis Jokowi Atasi Debat Soal Korupsi

Antasari Azhar tak meragukan kapasitas Jokowi untuk berdebat soal korupsi.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Bayu Hermawan
Mantan Ketua KPK Antasari Azhar
Foto: Republika/ Raisan Al Farisi
Mantan Ketua KPK Antasari Azhar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar mengaku tidak meragukan kapasitas calon presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam debat nanti. Menurut dia, pasangan calon pemimpin nomor urut 01 mampu mengatasi debat bertema korupsi tersebut.

"Saya tidak ragu dengan penampilan Jokowi, beliau pasti akan tampil prima, lihat saja nanti," kata Antasari Azhar saat mendatangi HUT PDIP ke-46 di JIExpo Kemayoran Jakarta Pusat, Kamis (10/1).

Ketidaraguan Antasari mengacu pada kemampuan Jokowi terkait isu tersebut. Dia berpendapat, calon presiden pejawat itu memiliki pemahaman tentang bagaimana mencegah maupun memberantas korupsi. Dia melanjutkan, Jokowi masih memiliki komitmen untuk memberantas korupsi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengadakan debat capres-cawapres persana pada 17 Januari nanti. Debat yang akan dilangsungkan di Hotel Bidakara itu akan mengambil tema seputar Hukum, Hak Asasi Manusia (HAM) Korupsi dan Terorisme.

Badan Pemenangan Nasional (BPN) pemenangan pasangan calon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengaku akan membawa kasus Novel Baswedan dalam debat tersebut. Tim Kampanye Nasional (TKN) kubu Jokowi-Ma'ruf Amin mengaku tidak memiliki ke khawatiran terkait hal tersebut. TKN bahkan mempersilahkan kasus apapun dibawa ke dal debat asalkan masih sesuai dengan tema yang diperdebatkan.

"Pada prinsipnya kami siap menghadapi perkara apapun yang diangkat kubu 02 pada saat debat karena memang tema debat pertama soal hukum, ham, korupsi, kemanan. Jadi persoalan apapun yang melingkupi persoalan itu silahkan untuk diangkat," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement