Rabu 02 Jan 2019 00:54 WIB

Sampah Malam Tahun Baru 2019 Lebih Sedikit dari Tahun Lalu

Penggunaan kembang api dan petasan tahun ini jauh berkurang dari tahun sebelumnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau kebersihan di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Selasa (1/1).
Foto: Republika/Mimi Kartika
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau kebersihan di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Selasa (1/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meninjau langsung proses pembersihan kawasan Monumen Nasional (Monas) usai perayaan Tahun Baru 2019. Anies menyebut sampah malam tahun baru 2019 lebih sedikit dari tahun lalu.

''Saya dapat laporan bahwa seluruh sampah yang sudah terkumpul tadi malam di kawasan yang penuh dengan keramaian itu total jumlahnya 327 ton,'' kata Anies di kawasan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Selasa.

Angka tersebut, ujar dia, tampaknya besar. Tapi, angka tersebut tidak sampai separuh dari angka tahun lalu yang mencapai 780 ton sampah.

Anies juga menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat atas penggunaan kembang api dan petasan. Penggunaannya tahun ini jauh berkurang dari tahun sebelumnya.

Anies mengatakan di kawasan Jalan Medan Merdeka, jumlah masyarakat yang berkumpul dalam momen pergantian tahun mencapai 362.000 orang sehingga sampah jadi menumpuk. Sampah di kawasan Monas saja ada sekitar 45 ton sampah. Sampah di sekitar Bundaran HI berjumlah 22 ton sampah, sementara sampah di sepanjang Thamrin-Sudirman ada 26 ton sampah.

Pembersihan sampah langsung dilakukan setelah kegiatan tersebut dengan melibatkan 300 petugas. Sehingga, kawasan Monas sudah bersih pada Selasa pagi pukul 04.42 WIB.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement