Jumat 21 Dec 2018 03:07 WIB

Lewat Sukabumi Kece, Sukabumi Bentuk 1.500 Wirausaha Baru

Para pelaku UKM yang berhasil membentuk tim untuk membantu UKM lainnya

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Esthi Maharani
Wirausaha/ilustrasi
Wirausaha/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemerintah Kota Sukabumi serius dalam melahirkan para wirausahawan baru. Caranya dengan menggulirkan program Sukabumi Kelurahan Entrepreneurship Center atau sering disebut Sukabumi Kece.

Peluncuran program tersebut dilakukan di sebuah hotel yang ada di Jalan Siliwangi Kota Sukabumi pada Kamis (20/12). ‘’ Program Sukabumi Kece merupakan unggulan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami,’’ terang Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah (UKM), Perdagangan dan Perindustrian Kota Sukabumi Ayep Supriatna kepada wartawan.

Program ini dilakukan dengan membentuk tim Sukabumi Kece yang berasal dari para pelaku UKM yang berhasil dan tengah merintis usaha. Nantinya tim ini akan bersinergi dengan pemerintah untuk mencapai target pembentukan sebanyak 1.500 orang wirausaha baru yang berasal dari RT/RW yang berada di 33 kelurahan.

Nantinya kata Ayep, masyarakat bisa mendaftar ke kelurahan untuk mengikuti program Sukabumi Kece. Warga tersbeut akan diberikan pelatihan, pendampingan produk dan pemasaran serta permodalan pun akan difasilitasi.

Sehingga kata Ayep, kini tinggal masyarakat yang berminat untuk mendaftar agar bisa mengikuti Sukabumi Kece. ‘’ Intinya pemerintah ingin membantu masyarakat agar memiliki kemampuan wirausaha,’’ cetus dia.

Dalam artian warga bukan hanya mencari kerja melainkan menciptakan lapangan kerja. Harapannya pemerintah bisa membantu masyarakat menjadi pebisnis muda dan menghasilkan produk berkualitas.

Ayep menuturkan, produk dari para pelaku UKM binaan Sukabumi Kece akan dipasarkan hingga ke luar daerah melalui program Little Sukabumi. Di mana ada komunitas warga Sukabumi di luar daerah yang siap memasarkan produk UKM seperti Batam, Yogyakarta, dan Bandung.

Wakil Wali Kota Sukabumi, Andri Setiawan Hamami menambahkan, Sukabumi Kece merupakan pusat pendidikan, pelatihan, pendampingan dan pengembangan kewirausahaan di tingkat kelurahan di Kota Sukabumi. Program ini diprioritaskan untuk warga Kota Sukabumi khususnya warga usia produktif.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, program Sukabumi Kece untuk merubah mental dan membangun karakter para pelaku usaha muda. ‘’ Mereka akan diajarkan ilmunya dan dibantu tata cara pembukuannya sehingga menjadi wirausaha muda yang mumpuni,’’ imbuh dia.

Fahmi menerangkan, langkah ini sebagai ikhtiar pemerintah untuk mengurangi angka pengangguran. Selain itu untuk meningkatkan kesejahteraan warga Sukabumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement