Senin 22 Oct 2018 07:48 WIB

Sukabumi Genjot Festival Pencak Silat

Pencak silat juga harus diajarkan di sekolah-sekolah.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Esthi Maharani
Pencak Silat
Foto: antaranews
Pencak Silat

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kota Sukabumi Jawa Barat menggenjot kegiatan festival pencak silat. Langkah tersebut dilakukan utuk melestarikan seni dan budaya warisan bangsa serta mencari bibit unggul dalam pencak silat.

‘’Pencak silat wajib dilestarikan karena warisan budaya. Caranya dengan menggelar festival pencak silat,’’ ujar Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami kepada wartawan Ahad (21/10).

Ia menilai pelaksanaan festival pencak silat yang digelar Kodim 0607/Kota Sukabumi pada Sabtu (20/10) hingga Ahad merupakan bukti nyata upaya untuk terus melestarikan pencak silat. Selain dengan festival, pencak silat juga harus diajarkan di sekolah-sekolah.

Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol Kav Mujahidin mengatakan, festival pencak silat merupakan festival seni tradisi yang terbuka untuk umum. ‘’Seni pencak silat merupakan warisan budaya yang harus ditumbuh kembangkan sebagai warisan budaya asli Indonesia,’’ imbuh dia.

Ia mengharapkan dengan adanya festival pencak silat, muncul bibit unggul. Harapannya lanjut Mujahidin, Sukabumi dapat menjadi barometer tumbuh dan berkembangnya pencak silat.

‘’Tidak hanya level nasional tapi internasional,’’ kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement