Jumat 19 Oct 2018 13:13 WIB

BMKG: Jakarta Siang Ini Hujan Lokal dan Angin Kencang

Seluruh wilayah DKI akan dilewati angin dengan kecepatan yang sama, yakni 8-20 km/jam

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Maman Sudiaman
Cuaca angin kencang. (ilustrasi)
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Cuaca angin kencang. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprakirakan bahwa cuaca di wilayah DKI Jakarta pada Kamis (18/10), akan berawan di pagi hari. Namun, di siang ini diperkirakan hujan akan turun di beberapa wilayah.

Hujan diprediksi akan terjadi Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Selatan dengan intensitas sedang sampai tinggi. Sedangkan di wilayah lain seperti Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu, diprakirakan akan berawan pada pagi hari namun hujan di malam hari.

Selama sehari penuh, seluruh wilayah DKI Jakarta akan dilewati angin dengan kecepatan yang sama, yakni 8-20 kilometer per jam. Dari tingkat kelembapan, DKI Jakarta akan mengalami peningkatan dari hari sebelumnya, yakni 55-90 persen.

Suhu udara di Jakarta terpantau naik dari hari sebelumnya. Hari ini, suhu udara berkisar di angka 24-34 derajat celsius. Jakarta Selatan dan Jakarta Timur diperkirakan akan lebih sejuk dari wilayah lain karena hujan yang akan turun.

photo
Prakiraan cuaca hari ini

Mengutip dari Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, tinggi muka air dari 12 pintu air di Jabodetabek terpantau aman. Di pintu air Manggarai misalnya, tercatat ketinggian air berada di 550 cm. Hal senada terpantau di pintu air Pasar Ikan yang sempat naik beberapa hari terakhir hingga ke level siaga 2, namun sudah kembali normal pagi ini.

Sementara itu, kondisi jarak pandang di perairan teluk Jakarta tercatat mengalami penurunan. Beberapa hari yang lalu, jarak pandang mencapai 12 kilometer, saat ini hanya 6 kilometer karena ditutupi awan. Tinggi ombak di Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Kaliadem, dan perairan Kepulauan Seribu secara keseluruhan berada di titik 0,3-0,8 meter. Cuaca di perairan diprediksi akan cerah berawan.

BPBD mengimbau warga untuk mewaspadai angin kencang dan petir yang diperkirakan akan terjadi di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada sore menjelang malam hari.

 

 

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement