Kamis 18 Oct 2018 14:05 WIB

Risma akan Percantik Kota Tua di Utara Surabaya

Tujuannya untuk merawat dan menggerakkan Surabaya dari berbagai sektor lokasi.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Gita Amanda
Tri Rismaharini
Foto: Republika/Wihdan
Tri Rismaharini

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyatakan akan mempercantik sekaligus menghidupkan kembali kota tua di kawasan Surabaya Utara. Dalam upayanya tersebut, Risma mengatakan akan menggandeng tim ahli cagar budaya, dan beberapa perusahaan cat di Kota Pahlawan.

Risma mengaku, dirinya memang sudah lama ingin menghidupkan kawasan kota tua di wilayah utara Surabaya. Namun, kata dia, keinginannya tersebut baru terealisasikan tahun ini.

“Sudah lama sebenarnya saya ingin mempercantik kawasan tersebut,” kata Risma di Surabaya, Rabu (17/10).

Risma mengaku, selama ini dirinya mencari sesuatu hal yang berbeda dari Surabaya. Hingga akhirnya menemukan ide, yakni dengan menghidupkan kembali kawasan kota tua di wilayah Surabaya Utara.

Tujuannya, kata dia, untuk merawat dan menggerakkan Kota Surabaya dari berbagai macam sektor dan lokasi. “Jadi saya memang sedang mencari spesifikasi Kota Surabaya yang berbeda dengan kota-kota lainnya,” ujar perempuan kelahiran Kediri tersebut. 

Risma berharap dengan konsep ini, kawasan Surabaya utara lebih hidup utamanya dari sisi pariwisata. Selain itu, dia juga berharap bisa meningkatkan roda perekonomian di kawasan tersebut.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Erry Cahyadi menambahkan, kawasan yang menjadi fokus utama pemkot untuk digarap yakni jalan karet. Jalan tersebut nantinya akan dikoneksikan dengan kampung arab dan kampung cina. “Itu ciri khas Surabaya dan akan di cat untuk menghidupkan coraknya,” kata Erry.

Erry melanjutkan, Pemkot Surabaya dan tim ahli cagar budaya juga berencana menghidupkan kawasan Surabaya Utara dari sisi kesenian melalui permainan lampu. Sehingga nantinya masyarakat dapat mengabadikan foto di wilayah yang dipercantik tersebut.

"Insyallah tahun 2019 bisa berjalan secara bertahap,” kata mantan Kepala Dinas Cipta Karya tersebut. Adapun beberapa kawasan di Surabaya Utara yang bakal dihidupkan Pemkot Surabaya bersama tim cagar budaya antara lain, Makam Peneleh, Jalan Karet, Jalan Kebon Rojo, Veteran, dan Jalan Kepanjen.

Perwakilan perusahaan cat dulux, Ria mengaku tertarik dan siap mendukung pembangunan di kota tua kawasan Surabaya Utara. “Prinsipnya kami tertarik dengan program yang dilakukan pemkot Surabaya agar menjadi lebih baik lagi ke depannya,” kata Ria.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement