Senin 24 Sep 2018 17:57 WIB

TKN: Kepala Daerah Dukung Jokowi karena Programnya

Kepala daerah mendukung Jokowi-Ma'ruf karena program yang berpihak ke rakyat.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Bayu Hermawan
Wakil Ketua Fraksi Partai Nasdem di DPR Jhonny G Plate.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Wakil Ketua Fraksi Partai Nasdem di DPR Jhonny G Plate.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin, Johnny G Plate mengungkapkan alasan banyak kepala daerah mendukung pejawat karena program yang memihak daerah. Menurutnya, TKN membagi dua program kampanyenya berdasarkan skala nasional dan daerah.

Johnny mengatakan, jika Jokowi-Ma'ruf terpilih, program-program itu nantinya akan dijalankan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah dalam bentuk kebijakan. "Kebijakan nasional dilakukan oleh pemerintah pusat dan kementerian, ada juga visi dan misi yang dilaksanakan pemda baik itu dibiayai oleh APBN maupun non-APBN," kata di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (24/9).

Karena itu, menurutnya kepala daerah memiliki kepentingan untuk mendukung Jokowi-Ma'ruf. Pasalnya, Jokowi-Ma'ruf memiliki kebijakan anggaran pembangunan yang berpihak pada daerah. "Itu yang menarik kepala daerah untuk mendukung Jokowi," ucapnya.

Johnny mengatakan, dalam kampanye nanti Jokowi-Ma'ruf akan memprioritaskan kontiunitas pembangunan yang sudah dilaksanakan dalam empat tahun terakhir, khususnya infrastruktur fisik, infrastruktur sosial, dan perlindungan sosial. Hasil-hasil itu, kata dia, akan ditindaklanjuti dengan mendengarkan aspitasi masyarakat supaya lebih mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Karena tujuan akhirnya adalah kesejateraan masyaekat, baik infrastruktur fisik, sosial dan perlindunhan sosial," ujarnya.

Menurut Johnny, tiga komponen itu seraca spesifik akan disesuaikan dengan daerah tempat kampanye dilakukan. Pasalnya setiap daerah memiliki kebutuhan yang berbeda. Meski begitu, Johnny masih belum mau mengungkapkan strategi kampanye yang akan dilakukan TKN maupun pasangan calon. Menurut dia, strategi merupakan rahasia bagi tim.

"Nanti kalau saya sampaikan sekarang ini, gak ada kejutan lagi," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement