Senin 24 Sep 2018 16:28 WIB

LSI: Dukungan Masyarakat Terhadap Sistem Demokrasi Meningkat

Dukungan terhadap sistem demokrasi mencapai 83 persen.

Burhanuddin Muhtadi
Foto: Republika/ Wihdan
Burhanuddin Muhtadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan dukungan masyarakat terhadap sistem demokrasi semakin meningkat. LSI menyatakan dukungan terhadap sistem demokrasi mencapai 83 persen.

Dia mengatakan umlah itu meningkat dibandingkan tahun 2017, yaitu sebesar 76 persen. "Dukungan masyarakat terhadap sistem demokrasi meningkat sebagai sistem pemerintahan yang terbaik," kata peneliti senior LSI Burhanuddin Muhtadi di Jakarta, Senin (24/9).

Namun, menurut dia, angka itu masih di bawah dengan capaian beberapa negara seperti Korea Selatan dan negara-negara di Eropa barat, yaitu sebesar 87 persen. "Ada satu pola yaitu jelang pemilu kepuasan pada demokrasi cenderung naik mungkin karena momen pemilu," ujarnya.

Burhanuddin menjelaskan dalam survei tersebut juga menunjukan kepuasan masyarakat terhadap jalannya demokrasi cukup tinggi, yaitu 73 persen. Ia menambahkan hanya 20 persen menilai tidak puas.

Menurut dia, kepuasan pada Agustus 2018 sebesar 73 persen menunjukkan tren yang meningkat dibandingkan beberapa tahun sebelumnya. Misalnya, pada Agustus 2017 sebesar 70 persen dan 2016 sebesar 68 persen. 

Burhanuddin menilai naik dan turunnya kepuasan publik terhadap demokrasi tergantung pada kinerja pemerintah dalam mendukung terwujudnya demokrasi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement