Ahad 23 Sep 2018 13:09 WIB

Timses Capres Diimbau Serahkan Laporan Awal Dana Kampanye

KPU menunggu timses capres dan parpol menyerahkan laporan awal dana kampanye.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Bayu Hermawan
Arief Budiman
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Arief Budiman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman berpesan agar seluruh peserta Pemilu 2019 segera menyampaikan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK). Arief mengatakan pihaknya menunggu seluruh peserta Pemilu 2019 untuk datang ke KPU menyerahkan laporan tersebut hingga Ahad (23/9) sore, pukul 18.00 WIB.

"Jadi dana yang digunakan untuk kampanye selesai dibukukan sampai kemarin. Laporannya disampaikan pada hari ini, terakhir 18.00 WIB.  Catat semua penerimaan yang masuk sampai dengan tanggal 22 September 2018," kata Arief usai Deklarasi Pemilu Damai, di silang Monas.

Arief menjelaskan, setelah LADK yang disampaikan hari ini, sumbangan dana kampanye mulai tanggal 23 September 2019 hingga pertengahan masa kampanye juga dilaporkan pada saat itu. Pada hari terakhir, seluruh pengeluaran juga dicatat pada hari tersebut.

"Jadi yang penting oleh peserta Pemilu bukan hanya kegiatan kampanyenya tapi juga laporan dana kampanyenya," ujarnya.

Hari ini dijadwalkan sejumlah sembilan partai politik menyampaikan LADK mereka kepada KPU. Pantauan Republika hingga pukul 11.50 WIB terlihat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang menyerahkan LADK mereka.

Berdasarkan informasi dari Komisioner KPU, Hasyim Asy'ari, partai lain sudah dijadwalkan untuk tiba sampai pukul 17.00 WIB. Tim Kampanye Nasional Prabowo-Sandiaga dijadwalkan tiba pukul 12.00 WIB, sementara Jokowi-Ma'ruf tiba pukul 14.30 WIB.

"Waktu kedatangan peserta pemilu (Parpol dan Pasangan Capres) untuk penyampaian LADK melalui konfirmasi lewat telpon dan dari Grup Info Dakam," kata Hasyim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement