Rabu 15 Aug 2018 13:24 WIB

GNPF Belum Terima Informasi Pertemuan Ma'ruf Amin dan HRS

Ketua GNPF mengatakan Habib Rizieq pasti akan menginformasikan terkait pertemuan itu.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Bayu Hermawan
Ketua GNPF Ulama, Yusuf Martak (kedua kanan)
Foto: Republika TV/Amri Amrullah
Ketua GNPF Ulama, Yusuf Martak (kedua kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama Yusuf Martak belum menerima konfirmasi atas rencana pertemuan antara cawapres KH Ma'ruf Amin dan Habib Rizieq Shihab di Arab Saudi. Ia juga mengaku belum membahas hal tersebut dengan Rizieq Shihab.

"Enggak ada pembicaraan dan kami juga belum mendapat konfirmasi. Saya secara langsung tidak pernah ada yang minta dijembatani ketemu dengan Habib Rizieq," ujarnya saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (15/8).

Namun, Yusuf menilai, rencana pertemuan tersebut merupakan hal yang positif. Dia mengatakan, hal itu sebagai bentuk silaturahim antara tokoh nasional dan kiai. "Sah-sah saja pertemuan itu, sesuatu hal yang positif kalau terjadi pertemuan itu," katanya.

Yusuf melanjutkan, kemungkinan pertemuan memang dilakukan secara personal antara keduanya. Jika pertemuan itu terjadi, ia memastikan Rizieq juga akan menginformasikannya kepada GNPF. "Nanti hasilnya apa kan pasti kalau seandainya memang ada pertemuan, saya yakin, insya Allah, Habib Rizieq akan info ke kami juga," ujarnya lagi.

 

Baca juga: GNPF Ulama Kemungkinan Abstain di Pilpres

Kiai Haji Ma'ruf Amin dijadwalkan akan melaksanakan ibadah haji pada Rabu (15/8). Sehari sebelum berangkat ke Tanah Suci, cawapres pendamping Jokowi itu melakukan pertemuan tertutup bersama Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di kantor pusat PBNU, Jakarta Pusat.

Menanggapi isu rencana pertemuannya dengan Habib Rizieq Shihab sesampainya nanti di Makkah, cicit Syekh Nawawi al-Bantani itu hanya menjawab singkat. "Insya Allah," kata Kiai Ma'ruf kepada media seusai pertemuan.

Kiai Said dan Cak Imin berharap akan adanya pertemuan antara tokoh sepuh NU itu dan Habib Rizieq selaku figur penting di balik Ijtima GNPF Ulama. Namun, Cak Imin mengaku belum bisa memastikan agenda apa yang akan dibahas Kiai Ma'ruf apabila jadi berjumpa dengan Habib Rizieq.

"Kita doakan, insya Allah ketemu (dengan Habib Rizieq). Agendanya? Orang ketemu kok ditanya. Ya silaturahim. (Apakah bicara pilpres) tidak tahu. Bagaimana nantinya kita tidak tahu," ucap Cak Imin saat ditemui para pewarta di lokasi yang sama, Selasa (14/8).

Baca juga: Ma’ruf Amin Berhaji, Cak Imin: Insya Allah Bertemu Rizieq

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement