Jumat 10 Aug 2018 14:52 WIB

KPU: Berkas Pendaftaran Prabowo Subianto-Sandiaga Lengkap

KPU menyatakan Prabowo dan Sandi berhak menjalani pemeriksaan kesehatan.

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Ratna Puspita
Prabowo Subianto tiba di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (10/8). Ia berdiri di dalam mobil Lexus LX 570 menyambut kerumunan massa yang telah berkumpul di sekitar kantor KPU.
Foto: Republika/Bayu Adji P
Prabowo Subianto tiba di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (10/8). Ia berdiri di dalam mobil Lexus LX 570 menyambut kerumunan massa yang telah berkumpul di sekitar kantor KPU.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan berkas pendaftaran pasangan bakal capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno telah lengkap. Keduanya langsung dinyatakan berhak menjalani pemeriksaan kesehatan. 

Kepala Biro Teknis dan Hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU), Nur Syarifah, usai memeriksa berkas pendaftaran, menyatakan semua syarat pencalonan Prabo-Sandiaga sudah lengkap. Dengan demikian, pendaftaran keduanya sudah bisa diterima. 

"Selanjutnya, verifikasi syarat calon akan dilakukan oleh tim teknis," ujar Nur di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (10/8). 

Baca Juga: Demokrat: SBY akan Jadi Pelatih Prabowo Hadapi Jokowi 

Dia melanjutkan, Prabowo-Sandiaga bisa melanjutkan ke tahap pemeriksaan kesehatan. KPU menjadwalkan pemeriksaan kesehatan terhadap keduanya pada Senin (13/8). 

"Surat rekomendasi pemeriksaan kesehatan akan diserahkan kepada tim LO. Kami mohon nantinya dapat dicermati hal-hal yang harus disiapkan untuk pemeriksaan kesehatan," kata dia. 

Sebelumnya, pasangan bakal capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno resmi menyerahkan berkas pendaftaran sebagai peserta Pemilu 2019, Jumat siang. Sejumlah politisi ikut datang mendampingi pendaftaran keduanya. 

Pantauan Republika.co.id, kedatangan pasangan Prabowo-Sandiaga didahului oleh sejumlah politisi pendukung keduanya, seperti Presiden PKS, Sohibul Iman, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon, Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria, Sekjen PAN Eddy Suparno, dan Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso. Tampak pula mantan istri Prabowo Subianto, Titiek Soeharto, dan istri Sandiaga Uno, Nur Asia. 

Prabowo-Sandiaga pun datang menyusul rombongan tersebut tepat pukul 13.40 WIB. Tampak Ketua Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Fraksi Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono datang bersamaan dengan rombongan Prabowo-Sandiaga. 

Baca Juga: Demokrat: SBY akan Jadi Pelatih Prabowo Hadapi Jokowi

Setelah itu, hadir pula Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais di belakang rombongan. Kedatangan Prabowo-Sandiaga langsung disambut oleh Ketua KPU, Komisioner KPU, Ketua Bawaslu dan para anggota Bawaslu. 

Pasangan tersebut melakukan proses pendaftaran sebagai pasangan bakal capres-cawapres Pemilu 2019 di lantai II Gedung KPU, Menteng, Jakarta Pusat, dengan didampingi oleh tim pendukungnya. 

Prabowo dan Sandiaga adalah pasangan bakal capres-cawapres kedua yang datang mendaftar ke KPU pada Jumat. Sebelumnya, pasangan bakal capres-cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin sudah lebih dulu mendaftarkan diri pada Jumat pagi. Pendaftaran Jokowi-Ma'ruf juga telah dinyatakan lengkap dan diterima oleh KPU. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement