Rabu 01 Aug 2018 08:56 WIB

Ditlantas Mulai Simulasi Penutupan 19 Pintu Tol

Simulasi penutupan pintu dimulai dari pukul 06.00-17.00 dan 12.00-21.00.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Indira Rezkisari
Sejumlah kendaraan melintas saat masuk Gerbang Tol Slipi 2 di Jakarta, Selasa (31/7).
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Sejumlah kendaraan melintas saat masuk Gerbang Tol Slipi 2 di Jakarta, Selasa (31/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya melakukan simulasi penutupan 19 pintu tol, hari ini, Rabu (1/8). Simulasi merupakan bagian dari pengaturan lalu linyas saat pelaksanaan Asian Games. Selain itu, hari ini juga Ditlantas sudah memberlakukan sistem aturan ganjil genap yang baru.

"Jadi simulasinya hari ini. Harusnya kemarin, tapi di Polda ada simulasi juga. Dan hari ini masih simulasi (penutupan 19 pintu tol), penutupannya masih nanti, sebelum tanggal 18. Tapi setelah simulasi mungkin masih ada perubahan," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf saat dikonfirmasi, Rabu (1/8).

Rencananya simulasi ini dilakukan sesuai dengan aturan yang akan diterapkan nantinya, yakni pada pukul 06.00 WIB hingga pukul 17.00 akan ditutup pintu tol yang arahnya dari Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, menuju venue pertandingan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat. Kemudian pada pukul 12.00 hingga pukul 21.00, penutupan pintu tol dilakukan dari arah sebaliknya yakni dsri arah GBK, Senayan, Jakarta Pusat, menuju Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat. "Ini tujuannya untuk Asian Games (setelah Asian Games belum diketahui akan dilanjutkan atau tidak aturannya), sesuai jadwal, bukan permanen," kata Yusuf.

Hari ini, Dirlantas akan melakukan pemantauan aturan ganjil genap yang baru dulu di sekitar Wisma Atlet Kemayoran, baru setelah itu akan berangkat dari Wisma Atlet menuju pintu-pintu tol yang akan ditutup. Dari hasil koordinasi dengan pemangku kepentingan, Dirlantas mengatakan terdapat beberapa pintu tol yang harus ditutup pada waktu tertentu, dari Wisma Atlet Kemayoran Jakarta Pusat menuju venue seperti Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta Pusat. Saat pemberangkatan itu terdapat penutupan terhadap 10 pintu tol mulai pukul 06.00-17.00 WIB dan penutupan sembilan pintu tol saat kepulangan sejak pukul 12.00-21.00 WIB.

Pintu tol yang buka-tutup pukul 06.00-17.00 yakni Ancol Barat, Jembatan Tiga 1, Angke 2, Tanjung Duren, Off Ramp Rumah Sakit Harapan Kita, Slipi 2, Podomoro, Rawamangun, Pedati dan TMII. Sedang pintu tol yang ditutup pada pukul 12.00-21.00 yaitu Gedong Panjang 2, Jembatan Tiga 2, Angke 1, Jelambar 1, Slipi 1, Sunter, Jatinegara, Kebon Nanas, dan TMII.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement