Senin 09 Jul 2018 14:54 WIB

Emil Siapkan Tim Transisi Pascakemenangan Pilgub Jabar

Emil ingin mengakomodir gagasan yang ditawarkan dalam kampanye pasangan lain.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Ratna Puspita
Calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil
Foto: Republika TV/Fakhtar Khairon
Calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pasangan calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) menjadi pemenang dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018 sesuai hasil rapat pleno KPU Jawa Barat. Pascakemenangan ini, Rindu menyiapkan sejumlah langkah sebelum dilantik menjadi gubernur dan wakil gubernur.

Ridwan Kamil mengatakan salah satu langkah yang akan dilakukan dalam waktu dekat ialah membentuk tim transisi. Tim ini akan membantu dirinya sebelum menjadi Gubernur Jawa Barat.

"Tim transisi ini dibentuk untuk memastikan janji-janji kampanye  bisa terakomodir di RPJMD dan APBD 2019," kata pria yang disapa Emil ini di Jalan Riau, Kota Bandung, Senin (9/7).

Emil menuturkan tim transisi akan membantu memetakan langkah kerjanya sesuai dengan program yang ditawarkan Rindu pada kampanye lalu. Hal ini disesuaikan dengan rencana pembangunan dan APBD Jawa Barat.

"APBD perubahan yang dieksekusinya kan sekitar Oktober November Desember sehingga dalam waktu pendek janji-janji Rindu ini bisa terwujud," ujarnya.

Dengan demikian, ia berharap, ketika berkantor di Gedung Sate nantinya, ia sudah memahami permasalahan di Jawa Barat. Selanjutnya, ia dapat menentukan langkah prioritas yang bisa langsung dijalankannya.

Ia pun ingin merangkul semua pasangan calon yang telah bersaing dalam Pilgub Jawa Barat. Ia berniat membentuk lembaga khusus untuk memgakomodir tiga paslon lainnya untuk bersama-sama membangun Jawa Barat. 

Emil mengaku ingin mengakomodir gagasan-gagasan yang ditawarkan dalam kampanye pasangan lain. “Hasanah sudah saya sampaikan. Kalau Pak Syaikhu semangat soal Asyik-preneur," ucapnya.

Sebelummya KPU Jawa Barat menetapkan hasil rekapitulasi penghitungan suara pasangan cagub-cawagub Jabar Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum unggul dengan 7.226.254 (32,88 persen). Disusul, pasangan Sudrajat-Ahmad 6.317.465 (28,74 persen).

Kemudian, pasangan Deddy-Dedi mendapat  Deddy-Dedi 5.663.198 (25,77 persen), dan di posisi terakhir ada pasangan TB Hasanuddin-Anton Charliyan dengan raihan suara 2.773.078 (12.62 persen). Total suara sah sebanyak 21.979.995 (100 persen). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement