REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kota Jakarta dinyatakan sebagai pemenang global ajang We Love Cities 2018 yang diselenggarakan World Wide Fund for Nature (WWF). Selain itu, Jakarta kembali terpilih menjadi pemenang nasional One Planet City Challenge (OPCC).
Dengan penghargaan tersebut, Jakarta berhak menyandang gelar sebagai kota paling dicintai warganya. Jakarta mengalahkan sejumlah kota besar lainnya di dunia, termasuk Tokyo, Vancouver, dan Kuala Lumpur. Gelar yang disandang Jakarta merupakan kontribusi warga Jakarta yang memberi dukungan ke kota tercinta melalui voting dan saran-saran perbaikan pembangunan kota.
Selaku pemenang kampanye We Love Cities 2018 dan pemenang nasional OPCC, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menerima sertifikat serta pengakuan global pada acara OPCC Global Awards Ceremony. Acara tersebut dalam rangkaian Global Climate Action Summit yang berlangsung di San Francisco, Amerika Serikat pada 12-14 September 2018.
Wakil Gubernur DKI Jakarta menyatakan rasa gembira terhadap pencapaian tersebut. Ia mengatakan, hal ini tak lepas dari peran media.
"Untuk We Love Cities, saya ucapkan selamat. Jakarta berhasil mendapatkan We Love City, bisa melampaui Tokyo dan Vancouver. Dan ini berarti engagement daripada teman-teman (media)," ujar Sandiaga di Kali Besar, Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Jumat (6/7).
Menurut Sandiaga, pencapaian itu sangat luar biasa. Ia mengaku dirinya dan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan terjun langsung dalam melakukan kampanye. Ia mengatakan, semakin banyak warga Jakarta yang terlibat dalam kampanye tersebut, semakin menunjukkan bahwa Jakarta adalah kota yang dicintai warga.
Global Communicator Sustainable Cities WWF, Victoria Olausson berpandangan, Kota Jakarta memiliki kemampuan yang luar biasa dalam meraih dukungan dari warganya dalam kampanye ini. “Ketertarikan masyarakat dengan pemerintah kota adalah kunci sebuah kota dalam meraih kesuksesan mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan," kata dia dalam keterangan tertulis, Rabu (4/7).
Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan jumlah dukungan yang diperoleh DKI Jakarta jauh lebih banyak dibandingkan kota-kota lain. Hal itu menunjukkan kemampuan Jakarta untuk merangkul para warga.
“Salah satu kunci kemenangan Jakarta adalah interaksi di sosial media menggunakan tagar #WeLoveJakarta, tercatat 164.954 interaksi di sosial media dan 4.464 saran untuk menjadikan Jakarta lebih baik dari warga Jakarta," ujar dia.
Isnawa mengatakan, kemenangan itu dicapai berkat dukungan dari Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta, BUMD, lembaga swadaya masyarakat, dan seluruh warga. Tanpa adanya dukungan warga, penghargaan itu mustahil diperoleh.
Ia menerangkan, untuk menjadi pemenang We Love Cities, Jakarta harus bersaing dengan 50 kota finalis dari 21 negara. Tujuan kampanye ini adalah meningkatkan umpan balik dan melibatkan warga dalam pembangunan kota berkelanjutan guna mendukung aksi menghadapi tantangan perubahan iklim.