Jumat 06 Jul 2018 14:03 WIB

KPU: Emil-Uu Raih Lebih dari 50 Persen Suara di Kota Bandung

KPU Kota Bandung telah merampungkan rekapitulasi suara Pilgub Jabar.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Andri Saubani
Pasangan calon (Paslon) pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilgun) Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum, menjawab pertanyaan panelis pada Debat Publik Ketiga Pilgub Jawa Barat 2018, di Sudirman Grand Grand Ballroom, Kota Bandung, Jumat (22/6).
Foto: Republika/Edi Yusuf
Pasangan calon (Paslon) pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilgun) Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum, menjawab pertanyaan panelis pada Debat Publik Ketiga Pilgub Jawa Barat 2018, di Sudirman Grand Grand Ballroom, Kota Bandung, Jumat (22/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018. Hasilnya, pasangan Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) meraih lebih dari 50 persen suara pemilih di Kota Bandung.

Ketua KPU Kota Bandung Rifqi Alimubarok mengatakan rekapitulasi ini dilakukan secara manual dari surat suara yang masuk. Proses yang berlangsung hingga Kamis (5/7) malam, mencatat jumlah warga Kota Bandung yang menyalurkan hak suaranya sebanyak 1.305.872 suara.

"Hasil rekapitulasi perolehan suara pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat 2018 Tingkat Kota Bandung, pasangan calon nomor urut 1 – H. Mochamad Ridwan Kamil., ST., M.U.D dan H. Uu Ruzhanul Ulum, SE meraih sebanyak 656.090 suara," kata Rifqi dalam siaran persnya, Jumat (6/7).

Rifqi menyebutkan, pasangan Rindu menjadi pemenang Pilgub Jawa Barat 2018 di Kota Bandung. Disusul oleh pasangan Sudrajat - Ahmad Syaikhu (Asyik), Deddy Mizwar - Dedi Mulyadi (Deddy-Dedi), kemudian TB Hasanudin - Anton Charliyan (Hasanah)

Pasangan calon nomor Urut 2 atau Hasanah meraih sebanyak 111.190 suara di Kota Bandung. Kemudian, pasangan Asyik sebagai palson nomor urut 3 memperoleh sebanyak 359.267 suara. "Pasangan calon nomor urut 4 – Deddy - Dedi sebanyak 153.323 suara," ucapnya.

Rifqi memerinci, dari total suara yang masuk, jumlah seluruh suara sah dalam rekapitulasi hasil penghitungan Pilgub Jabar tingkat Kota Bandung adalah sebanyak 1.279.870 suara. Sementara jumlah suara tidak sah sebanyak 28.465 suara.

Hasil rekapitulasi ini, kata dia, akan disampaikan KPU Jawa Barat. KPU Jawa Barat akan menggelar rekapitulasi dan menetapkan pemenang Pilgub Jawa Barat pada 7-9 Juli esok.

Pasangan Rindu sebelumnya juga dinyatakan menang di Kota Cirebon. Pasangan nomor urut 1 itu unggul dengan selisih perolehan suara cukup jauh dari ketiga paslon lainnya.

Hal itu terungkap dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon Tahun 2018, di Aula KPU Kota Cirebon, Rabu (4/7). Berdasarkan penghitungan suara di Kota Cirebon, paslon Rindu mendapat 56.676 suara.

Posisi kedua diraih paslon nomor urut 3, Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) dengan 41.119 suara. Sedang posisi ketiga, diduduki paslon nomor urut 4, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (2DM) yang memperoleh 38.315 suara. Sedangkan posisi terakhir, ditempati paslon nomor urut 2, Hasanudin-Anton Charliyan (Hasanah), yang mendapat 24.449 suara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement