Rabu 06 Jun 2018 17:07 WIB

Jelang Lebaran, Kantor Pos Kebanjiran Kiriman Uang dari TKI

TKI mengirimkan uang lewat Kantor Pos untuk keperluan keluarga mereka di Tanah Air

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Karta Raharja Ucu
PT Pos Indonesia
Foto: Pos Indonesia
PT Pos Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Jelang Lebaran, PT Pos Indonesia kebanjiran pengiriman uang dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI) untuk keluarga mereka di Tanah Air. Fenomena ini terjadi karena banyak TKI yang menambah jumlah kiriman uang lewat layanan Western Union (WU) Kantor Pos untuk memenuhi kebutuhan hari Lebaran keluarga di tanah air.

"Bulan ini sejak 1 Juni ada 4.000 transaksi dan puncaknya pada Senin 4 Juni kemarin," ujar Manager Penjualan dan Pengembangan Outlet Kantor Pos Sukabumi Munandar Januardhy kepada Republika.co.id, Rabu (6/6). Pada rentang waktu selama 1 Juni hingga 5 juni tercatat kiriman uang dari para TKI di luar negeri ke keluarga di Sukabumi mencapai sekitar Rp 17 miliar.

Jumlah ini, kata Munandar, meningkat sekitar 10 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Di mana kiriman uang selalu meningkat dan hal ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan keluarga menjelang lebaran.

Menurut Munandar, pada Senin lalu Kantor Pos menambah empat layanan loket untuk memberikan layanan kepada warga yang akan mengambil kiriman uang. Pasalnya dengan loket yang tersedia jumlahnya kurang mendukung karena jumlah warga yang datang cukup banyak.

Jumlah transaksi pada hari tersebut melonjak drastis hingga 2.000 transaksi. Saat ini jumlah transaksi kembali normal dan akan menurun mendekati lebaran.

Munandar menuturkan, sebenarnya warga bisa mengambil kiriman uang di kantor pos lainnya di daerah seperti di Kecamatan Cibadak, Cisaat dan Sukaraja. Namun sebagian warga memilih mengambil di Kota Sukabumi karena lokasinya dekat dengan sejumlah pusat keramaian seperti perbelanjaan dan lain sebagainya.

Kiriman uang ini kata Munandar, sebagian besar berasal dari TKI di timur tengah dan sebagian lainnya dari negara Asia. Mereka mengirimkan uang ke keluarga di tanah air secara rutin setiap bulannya termasuk menjelang lebaran.

Munandar mengungkapkan, jumlah kiriman uang melalui WU Kantor Pos sejak Januari hingga Mei mencapai Rp 267 miliar. Bila dirata-ratakan per bulan kiriman uang dari TKI ke WU Kantor Pos Sukabumi mencapai Rp 53,4 miliar.

Kepala Kantor Pos Cabang Sukabumi, Ilham Permono menambahkan, bagi warga yang mengambil kiriman uang di Kantor Pos tidak dikenakan pungutan. Misalkan, warga mengirimkan uang melalui WU sebesar Rp 10 juta, maka uang yang diterima keluarga di Tanah Air tetap Rp 10 juta.

Seorang warga Goalpara Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi Rina Sumarlina (40 tahun) mengatakan, ia secara rutin mengambil kiriman uang dari adik kandungnya yang bekerja di Uni Emirat Arab. "Jumlah kiriman uang menjelang lebaran ditambah untuk memenuhi kebutuhan lebaran," imbuh dia.

Rina menerangkan, awalnya setiap bulan saudaranya tersebyut hanya mengirimkan uang sebesar Rp 2 juta. Pada menjelang lebaran kiriman uang bisa meningkat menjadi Rp 4 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement