Jumat 11 May 2018 00:07 WIB

Relawan Jokowi Ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati

Ziarah yang dilakukan adalah untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

doa dan dzikir takziah relawan Jokowi ke Makam Sultan Maulana Hasanuddin di Kompleks Masjid Agung Banten, Serang, Minggu (6/5).
Foto: istimewa
doa dan dzikir takziah relawan Jokowi ke Makam Sultan Maulana Hasanuddin di Kompleks Masjid Agung Banten, Serang, Minggu (6/5).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Relawan Joko Widodo (Jokowi)  ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati di Cirebon, Jawa Barat, Kamis (10/5).Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan yang merupakan tradisi masyarakat muslim Indonesia. 

"Ziarah yang dilakukan adalah untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, terlebih akan memasuki bulan suci Ramadhan, agar relawan Jokowi benar benar siap lahir batin menjalankan ibadah puasa,” kata Jhoni Kurniawan yang memimpin rombongan ziarah dalam keterangan persnya, Kamis (10/5).

Mohamad Nasukha atau akrab disapa Anas selaku Sekretaris Panitia mengajak seluruh relawan Jokowi dan masyarakat umumnya untuk bersama-sama menjaga dan meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT. Salah satunya bisa ditempuh dengan menjaga diri dan tidak turut menyebarkan informasi yang diragukan kebenarannya.

"Kami mengajak seluruh masyarakat muslim untuk menjaga keimanan dengan menjauhi fitnah dan hoaks, serta tidak mudah terprovokasi oleh oknum-oknum politisi yang membingkai isu dengan agama serta menggunakan tempat ibadah untuk memusuhi sesama anak bangsa," kata dia.

Secara khusus, relawan Jokowi mendoakan lima anggota kepolisian yang menjadi korban kerusuhan di Mako Brimob. Umar Maya Ibnu Fajar selaku koordinator lapangan mengapresiasi tinggi proses pengendalian situasi dan pemulihan keamanan pihak kepolisian.

"Teroris adalah musuh bersama seluruh rakyat Indonesia, tidak ada tempat bagi kejahatan terorisme di Indonesia. Kami, relawan Jokowi, mendukung penuh pihak kepolisian untuk membumi-hanguskan terorisme," demikian Fajar.

Selain ziarah ke Makam Syekh Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati dengan bersama-sama melantunkan Yasin dan tahlil, relawan Jokowi juga menggelar pertemuan dengan keluarga keraton di Masjid Kasepuhan Cirebon.

Usai ramah-tamah, kegiatan dilanjutkan dengan Shalat Ashar berjamaah disambung tausyiah dengan mengangkat tema "Sejarah Peran Islam dalam Penyebaran Nilai-nilai Ukhuwah Islamiyyah di Tanah Pasundan dan Nusantara Terhadap Kerukunan Ummat Islam dan Antar Umat Beragama di Indonesia".

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement