Sabtu 05 May 2018 07:02 WIB

Perempuan Berpotensi Bangun Negara

Potensi perempuan harus dikelola dan diarahkan

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Esthi Maharani
Yohana Yembise
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Yohana Yembise

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise menegaskan, perempuan memiliki potensi untuk berpartisipasi dan memberikan manfaat untuk pembangunan Negara.

"Perempuan memiliki potensi sangat besar untuk ikut berpartisipasi dalam mengontrol dan memberikan manfaat pada pembangunan Negara," katanya seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Jumat (4/5).

Karena itu, kata dia, potensi tersebut harus dikelola dan diarahkan dengan baik, seperti meningkatkan kapasitas dan memberikan akses bagi perempuan untuk berpartisipasi. Pembangunan Pemberdayaan Perempuan merupakan suatu Komitmen Nasional dalam meningkatkan status, posisi, dan kondisi perempuan agar dapat mencapai kemajuan yang setara dengan laki-laki. Ia mengklaim, Negara menjamin pelaksanaan komitmen tersebut.

"Kita harus memastikan bahwa kaum perempuan memperoleh kesamaan akses, partisipasi, kontrol dan manfaat yang sama dan setara dari hasil pembangunan yang dilaksanakan," ujarnya.

Kendati demikian, ia tidak melupakan peran laki-laki. Menurutnya, peran laki-laki dalam meningkatkan pembangunan pemberdayaan perempuan juga sangat dibutuhkan, melalui tiga fokus utama yaitu peningkatan partisipasi perempuan dalam pengambilan keputusan, penurunan angka kematian ibu (AKI) dan penghapusan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan dan anak di Indonesia khususnya Papua.

Seperti diketahui, berdasarkan data profil perempuan Indonesia, faktanya sebanyak 65,71 persen perempuan yang tergolong produktif di Indonesia belum berperan optimal dalam pembangunan negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement