Jumat 04 May 2018 23:50 WIB

Yossi-Aries Janji Bebaskan Pungutan di Sekolah

Aries mengatakan seluruh kebutuhan siswa di sekolah akan ditanggung Pemkot Bandung

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Bilal Ramadhan
Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Bandung Yossi Irianto dan Aries Supriatna
Foto: Republika/Edi Yusuf
Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Bandung Yossi Irianto dan Aries Supriatna

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung nomor urut 2, Yossi Irianto-Aries Supriatna berkomitmen untuk menyelenggarakan pendidikan gratis bagi seluruh warga Kota Bandung mulai tingkat SD hingga SMP. Bukan hanya biaya sekolah tapi pungutan-pungutan lainnya yang sering membebani orangtua murid.

Calon Wakil Wali Kota Bandung Aries Supriatna mengatakan bila terpilih, maka tak akan ada pungutan apa pun seperti pembelian buku pelajaran, LKS, seragam dan lainnya yang justru sering membebani para orang tua siswa. Seluruh kebutuhan tersebut akan ditanggung pemerintah kota.

"Gratis di sini, benar-benar gratis tanpa ada pungutan apa pun. Jadi anak tinggal berangkat ke sekolah dan belajar sungguh-sungguh karena seluruh kebutuhannya sudah dipenuhi pemerintah," kata Aries seperti dalam siaran persnya, Jumat (4/5).

Menurut Aries, sebenarnya warga Bandung digartiskan biaya sekolah mulai dari SD hingga tingkat SMA. Hanya saja menurut Undang-undang (UU) yang ditanggung Pemkot Bandung, hanya dari SD hingga SMP. Sedangkan untuk tingkat SMA dibiayai oleh Pemprov Jabar.

Ia mengaku akan mendorong Pemkot Bandung untuk mengalokasikan dana APBD untuk membangun dan meningkatkan kualitas sekolah-sekolah di Bandung, baik dari segi fisik maupun kualitas dan sistem pengajarannya. Ia berharap perbedaan kualitas antara sekolah negeri dan swasta tidak terlalu jauh.

Ke depan, ia akan mendorong Pemerintah Kota Bandung agar siswa dari kalangan menengah ke atas agar mau bersekolah di sekolah-sekolah swasta. Sedangkan, sekolah-sekolah negeri yang memang memperoleh subsidi dan bantuan dari pemerintah diprioritaskan bagi anak-anak dari kalangan tidak mampu.

"Tapi tentu sekolah-sekolah swasta ini harus benar-benar dibantu oleh pemerintah agar ke depan seluruh sekolah swasta memiliki kualitas yang baik juga biayanya terjangkau. Sekarang kan masih ada kesan, sekolah swasta itu mahal. Jadi nanti tidak ada lagi anak-anak yang tidak sekolah," tuturnya.

Ia mengaku prihatin masih banyak anak-anak di Kota Bandung yang tidak mampu melanjutkan sekolah ke tingkat SMP dan SMA/SMK. Padahal, katanya, Kota Bandung sama sekali tidak kekurangan sekolah SMP maupun SMA.

"Namun ironisnya di Kota Bandung ini masih banyak anak usia sekolah yang tidak mampu melanjutkan sekolah ke SMP dan SMA. Padahal sekolah kita banyak dan sangat mencukupi. Ke depan seluruh anak di Bandung harus menikmati sekolah gratis dan berkualitas," ujar dia.

Selain menjamin sekolah gratis bagi seluruh warga Bandung, pasangan Hebring juga berjanji akan mempermudah alur pendaftaran siswa di seluruh sekolah yang ada di Kota Bandung. Tak hanya itu, Aries juga berjanji akan meningkatkan kualitas dan sarana serta prasarana setiap sekolah, baik sekolah negeri maupun swasta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement