Selasa 01 May 2018 08:44 WIB

Ribuan Personel Kemanan Siap Kawal Hari Buruh di Jatim

Setidaknya 1.019 personel keamanan akan diterjunkan dalam mengawal aksi para buruh

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani
Sejumlah buruh menggelar aksi / Ilustrasi
Foto: Republika/Prayogi
Sejumlah buruh menggelar aksi / Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,  SURABAYA -- Ribuan personel Kemanan yang merupakan gabungan dari Polisi, TNI, dan Satpol PP disiapkan untuk mengamankan aksi pada Hari Buruh (May Day) 2018, Selasa (1/5). Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Barung Mangera mengungkapkan, setidaknya 1.019 personel keamanan akan diterjunkan dalam mengawal aksi para buruh tersebut.

"Rinciannya yakni 115 anggota TNI, 90 anggota Satpol PP, dan 470 personel dari jajaran Polda Jatim. Sedangkan sisanya yakni personel dari Polrestabes Surabaya. Jadi total ada 1.019 personel gabungan dari polisi, TNI dan Satpol PP," kata dia saat dikonfirmasi.

Frans mengatakan, diterjunkannya para personel keamanan tersebut tiada lain merupakan salah satu upaya untuk keamanan seluruh masyarakat. Pasalnya, Aliansi Serikat Buruh menyebut aksi May Day tahun ini akan diikuti oleh ribuan buruh.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan memastikan, seluruh personel keamanan baik otu dari kepolisian, TNI, dan Satpol PP sudah siap mengawal Hari Buruh 2018. Rudi juga meyakini, penyampaian aspirasi yang dilakukan para buruh tersebut akan berjalan damai.

"Seluruh pasukan Polri, TNI, Satpol PP, Linmas semuanya siap melaksanakan tugas. Peralatan juga siap mulai dari kendaraan dan senjata telah siap Insya Allah berjalan lancar dan damai," ujar Rudi.

Rudi juga mengimbau agar masyarakat tetap beraktivitas seperti biasanya. Itu tak lain karena Rudi meyakini, seluruh petugas telah siap dan buruh-buruh telah sepakat menggelar acara dengan senang dan damai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement