Selasa 03 Apr 2018 18:04 WIB

Koalisi Pilpres 2019, AHY: Masih Sangat Cair

Demokrat masih terus berkomunikasi debgan semua Parpol terkait Pilpres 2019.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Bayu Hermawan
Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (KOGASAMA), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengunjungi Pasar Besar Kota Malang, Selasa (3/4).
Foto: Republika/Wilda Fizriyani
Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (KOGASAMA), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengunjungi Pasar Besar Kota Malang, Selasa (3/4).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (KOGASAMA) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menegaskan, Partai Demokrat masih terus berkomunikasi dengan semua partai politik (Parpol) terkait Pilpres 2019. Oleh sebab itu, dia mengaku belum bisa memutuskan Parpol mana yang akan berkoalisi dengan Demokrat terkait Pilpres nanti.

"Saya tidak dalam kapasitas untuk menjawab dengan siapa Demokrat akan berkoalisi. Kita tunggu saja momentumnya," jelas AHY saat ditemui wartawan di Pasar Besar (Pasbes) Kota Malang, Selasa (3/4).

AHY juga menyebutkan jelang Pemilu 2019, Partai Demokrat juga masih melakukan kerja politik dengan membangun kedekatan dengan masyarakat. Dalam hal ini termasuk berusaha membangun kedekatan antar parpol yang ada. Sebab, membangun ini sebuah keniscayaan jika ingin terlibat dalam Pilpres 2019.

Sementara ihwal kemunculan poros ketiga politik di Pilpres 2019, AHY menilai, ini masih sangat mungkin terjadi. Apalagi berdasarkan survei saat ini terdapat dua calon kuat yang dipastikan maju dalam Pilpres. Namun di antara mereka masih belum ada yang aman dalam Pilpres nanti.

"Tentu ada banyak spekulasi termasuk munculnya poros ketiga, pilihan alternatif dan sampai detik ini belum bisa memastikan itu. Masih sangat cair," kata AHY.

Menurut AHY, elektabilitas 20 persen untuk maju ke pilpres itu hal yang paling penting. Jika elektabilitas ini tak tercapai, maka akan sulit mengajukan diri untuk maju sebagai calon presiden maupun wakil presiden.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement